Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Final Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Sukses Digelar

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri pamungkas kejuaraan nasional balap motor Pertamina Mandalika Racing 2024, sukses digelar di Pertamina Mandalika International Circuit. Ajang balap ini telah melahirkan banyak juara di masing-masing kelas.

Putaran final ini menghadirkan persaingan ketat di hari Sabtu (19/10/2024). Hari Sabtu diisi dengan kualifikasi dan race pertama yang berlangsung sengit karena mempertaruhkan poin untuk menjadi juara musim ini.

Pada kelas Sport 150, pebalap Murobbil Vitoni berhasil memenangkan race pertama setelah meredam tekanan dari Aldiaz Aqsa Ismaya dan Wilman Hammar. Sementara Andi Farid Izdihar, yang meraih pole position harus puas di finis di posisi tujuh.

Pada kelas Sport 250, pebalap tuan rumah Arai Agaska berhasil merebut kemenangan pertamanya dengan mengalahkan Decksa Almer Alfarezel dan Aan Riswanto. Pada sesi kualifikasi, pebalap Chandra H yang berhasil menempati pole position.

Pada kelas Supersport 600 terjadi pertarungan ketat yang akhirnya dimenangkan M. Adenanta Putra, sang peraih pole position. Dia sukses meninggalkan Wahyu Nugroho dan Herjun AF.

Kelas Junior Sport 150 U-15 tak kalah seru dengan pebalap belia Renaldy Junior Ismaya memenangkan race pertama dalam duel ketat selama 8 lap, disusul Valera Octavianus serta Muh Badly Ayatullah.

Pada kelas Mandiri Superbike 1000 Community, dimenangkan oleh Chalman Susanto disusul Iwan Setiawan dan Komang Yudha. Sementara di kelas Mandiri Supersport 600 Community, podium utama direbut Shandik, kemudian Liu Susanto, serta Ronni Subiyakto.

"Sebagai kelas penutup, yakni kelas dengan nama Mandiri Underbone 150 Open yang ditunggu-tunggu penggemar balapan di Tanah Air akhirnya dimenangkan oleh Husni Zainul Fuazi yang unggul tipis atas Dimas Juliatmoko, serta Murobbil Vitoni," ujar Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dalam keterangan resminya.

Pengumuman Para Juara

Pada race kedua yang digelar Minggu (20/10/2024), Mandalika Racing Series 2024 akhirnya mencetak para juara di tujuh kelas. Sebanyak 119 starter menunjukkan perfoma untuk mengumpulkan pundi-pundi poin menyelesaikan lima putaran Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024.

Didukung cuaca cerah di Mandalika, pertarungan di setiap kelasnya menyuguhkan aksi menegangkan yang ditonton lebih dari 3.000 penonton di Grand Stand A serta tayangan Live Streaming di Youtube Mandalika Racing Series.

Penonton juga berkesempatan melihat langsung dan berinteraksi dengan para pebalap dan kru di acara Pitwalk.

Pada race kedua kelas Sport 150, berhasil dimenangkan oleh Husni Zainul Fuadzy, disusul Wilman Hammar, dan Rendi. Namun secara keseluruhan, Juara Nasional Sport 150 diraih oleh Aldiaz Aqsal Ismaya setelah mengumpulkan 179 poin.

Untuk kelas Sport 250, Andi Farid Izdihar berhasil memperbaiki hasil di balap pertama sebelumnya dengan kemenangan podium satu. Dia pun mengukuhkan dirinya sebagai Juara Nasional Sport 250 dengan membukukan 237 poin.

M Adenanta Putra tampil gemilang di race kedua kelas Supersport 600 sebagai juara dengan mengungguli rekan setimnya Herjun Atna Firdaus dan Dimas Ekky Pratama. Hasil ini sekaligus menobatkan dirinya sebagai Juara Nasional Supersport 500 Pertamina MRS 2024.

Pada kelas Junior Sport 150 U-15, Danadyaksa Wida Pangestu berhasil mencuri kemenangan di balap kedua sekaligus menorehkan dirinya sebagai Juara Umum.

Untuk kelas Mandiri Supersport 600 Community, Sandik menyempurnakan kemenangan dalam dua balap sekaligus menjadikannya sebagai Juara Umum dengan 236 poin. Kelas Mandiri Superbike 1000 mencatatkan Iwan Setiawan sebagai Juara Umum dengan 177 poin, meski hanya finis di posisi kedua pada race kedua.

Gelaran hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, IMI Pusat, IMI NTB, ITDC, InJourney, Pertamina dan dukungan lainnya, ditutup dengan kelas Mandiri Underbone 150 Open.

Sebanyak 30 pebalap terlibat dalam duel sengit dalam 8 lap yang akhirnya dimenangkan oleh Murobbil Vitoni. Disusul rekan setimnya Fahmi Basam, sedangkan Dimas Juliatmoko finis di posisi ketiga.

Dengan demikian, Murobbil Vitoni atau Robby Sakera berhasil menjadi Juara Umum sekaligus menerima hadiah satu unit motor Yamaha MX King dari LFN.

Priandhi mengatakan, dirinya menyambut baik pelaksanaan putaran final Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 yang berjalan lancar dan sukses.

"Selamat untuk para Juara Nasional dan juara-juara lainnya di Supporting Class yang secara gengsinya setara dengan Kejurnas. Kami harap dari kejuaraan ini akan lahir para pebalap yang berprestasi serta memiliki pemahaman dalam dunia balap sehingga menjadi bekal untuk ke jenjang lebih tinggi," ujar Priandhi.

"MRS bukan sekadar kompetisi balap motor namun juga kita memberikan edukasi yang harus diketahui pebalap dari kedisiplinan hingga attitude-nya. Semoga kedepannya, MRS bisa terus lebih berkembang dan terus berkontribusi dalam pembinaan serta penjenjangan prestasi pebalap Indonesia,” kata Priandhi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/22/200200815/final-kejurnas-pertamina-mandalika-racing-series-2024-sukses-digelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke