Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Mobil Diinspeksi Risiko Kerusakan Unit Masih Bisa Terjadi

SOLO, KOMPAS.com - Ketika membeli mobil bekas, calon pembeli perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh baik secara mandiri atau menggunakan jasa seperti inspeksi mobil bekas.

Jasa tersebut umumnya akan membantu calon pembeli karena memberikan pengecekan yang lebih mendalam dan mendeteksi masalah yang mungkin tidak terlihat.

Namun, meskipun inspeksi dilakukan secara teliti, ada kemungkinan munculnya indikasi kerusakan baru yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Fahmi Hatta, CEO PT Inspeksi Mobil Jogja yang juga buka cabang di Solo mengatakan, jasa inspeksi akan melakukan pemeriksaan mobil bekas secara menyeluruh sehingga kerusakan-kerusakan bisa terdeteksi.

“Perlu juga diketahui bahwasannya inspeksi dilakukan secara real time dan juga berdasarkan kemampuan dari inspektor kami dan juga dengan peralatan yang dimiliki, sehingga jika ada kerusakan pada mobil bekas atau gejala yang mungkin timbul itu akan terdeteksi,” kata Hatta kepada Kompas.com, Senin (21/10/2024).

Meski begitu, saat setelah melakukan pengecekan unit mobil bekas akan kembali kepada penjual, sehingga jika ada indikasi kerusakan yang sebelumnya tidak dan tiba-tiba muncul, itu bisa saja terjadi.

“Tapi ketika kita selesai melakukan pengecekan mobil akan kembali ke showroom karena posisi mobil bukan milik kami, sehingga setelah kita melakukan pengecekan itu apapun bisa terjadi di rentang waktu tersebut. Tapi, jika selesai inspeksi dan kita sudah mendapatkan hasilnya, kemudian pembeli langsung membelinya maka kita akan ada garansinya,” kata Hatta.

Hatta juga mengatakan, biasanya setelah melakukan pengecekan akan terdeteksi apa saja kerusakan pada mobil bekas tersebut.

“Kita lakukan pengecekan terus akan ada laporan, di mana ada kerusakannya apa saja, biaya penangannya berapa itu ada, dan ada semua estimasi harganya, ini bisa dipakai untuk pertimbangan dan negosiasi harga kepada penjual,” kata Hatta.

Dengan demikian, meskipun jasa inspeksi mobil bekas memberikan jaminan dalam mendeteksi kerusakan, penting bagi calon pembeli untuk tetap waspada dan memahami bahwa risiko kerusakan baru tetap ada setelah pembelian.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/22/124200815/setelah-mobil-diinspeksi-risiko-kerusakan-unit-masih-bisa-terjadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke