Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Pemahaman Keselamatan Lalu Lintas di Indonesia Sangat Rendah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas di Indonesia yang semrawut salah satu penyebabnya adalah pemahaman soal keselamatan lalu lintas yang rendah. Mirisnya, orang Indonesia lebih senang belajar soal keahlian berkendara alias skill daripada pola pikir berkeselamatan.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, skill atau tidak akan berguna ketika berada di ruang publik.

"Begitu dikasih masuk yang berbasis pengetahuan pola pikir, mind set, mereka bilang orang bawa mobil atau motor kok diajari begini. Kalau di komunitas motor atau mobil, ini tidak disukai, maunya yang akrobatik, di mana tidak ada urusannya dengan keselamatan di jalan," ucap Jusri kepada Kompas.com, Senin (21/10/2024).

Bisa dilihat dari itu, Jusri bilang kalau pengetahuan soal keselamatan lalu lintas sangat rendah. Lebih konyol lagi ada stigma di jalanan yang bilang kalau peraturan lalu lintas adalah polisi, ritual polisi.

"Artinya kalau ada polisi mereka tertib, kalau tidak ada ya dilanggar. Ini kan stigma yang jelek sekali buat bangsa kita, perlu diakui itu ada," kata Jusri.

Menurut Jusri, mudah saja melihat watak orang Indonesia, lihat saja dari perilaku berlalu lintas. Banyak yang salah tapi minta dibenarkan, sampai menyerang orang.

"Kalau massal yang salah, habis kita. Arogan di jalan, merasa eksklusif," kata Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/22/110200815/penyebab-pemahaman-keselamatan-lalu-lintas-di-indonesia-sangat-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke