Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Siapkan 68 Unit bZ4x Untuk Pelantikan Presiden dan Wapres

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan bZ4x terpantau berjejer di area Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (14/10/2024).

Mobil listrik dari Toyota ini diduga akan digunakan untuk keperluan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024 - 2029

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

"Beberapa waktu lalu kami dihubungi oleh pihak setneg terkait dukungan penyediaan kendaraan listrik berbasis baterai (Battery EV) untuk keperluan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024 - 2029," ucap Anton, saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Maka dari itu, Toyota mendukung acara tersebut melalui penyediaan solusi mobilitas nol emisi dengan 68 unit Toyota bZ4X BEV.

"Untuk penggunaannya secara spesifik kami menyerahkan kepada Sekretariat Negara sebagai koordinator kendaraan yang digunakan untuk acara tersebut," kata Anton.

Bicara soal bZ4x, mobil ini dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dilihat dari eksterior, tampilan bZ4X begitu atraktif dengan paras yang tajam. Lampu LED projektor yang didesain tipis mampu membuat tampilannya terlihat lebih agresif.

Tak hanya itu, aksen doff pada bumper depan-belakang, over fender serta side skirt yang dilengkapi dengan pelek 18 inci membuat tampilannya begitu menarik.

Masuk ke bagian interior, Toyota bZ4X mengusung desain yang modern dengan nuansa serba hitam. SUV Toyota ini dibekali dengan head unit berukuran 12,3 inci dengan desain yang mengambang serta sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

All New bZ4X turut memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Disematkan pula fitur telematika T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

bZ4X yang meluncur di Indonesia hanya dibekali satu varian yakni Front Wheel Drive (FWD) panoramic roof yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm.

Mobil ini bisa menempuh jarak 500 km dalam sekali pengecasan. Sementara untuk waktu pengecasan mobil ini membutuhkan waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Soal harga, bZ4x dibanderol Rp 1,190 miliar on the road Jakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/142642315/toyota-siapkan-68-unit-bz4x-untuk-pelantikan-presiden-dan-wapres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke