Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Ragam Teknologi Mobil Hybrid dari HEV, PHEV, dan MHEV

JAKARTA, KOMPAS.com -  Dalam beberapa tahun terakhir, mobil hybrid semakin populer di kalangan konsumen yang mencari kendaraan ramah lingkungan dan efisien bahan bakar

Dengan teknologi yang terus berkembang, mobil hybrid kini hadir dalam beberapa varian berbeda, yang masing-masing menawarkan keunggulan tersendiri.

Menurut Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, perbedaan jenis mobil hybrid penting untuk diketahui bagi calon pembeli dalam mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

"Setiap jenis hybrid punya cara kerja yang berbeda, terutama dalam hal bagaimana baterai diisi dan seberapa besar kontribusi motor listrik terhadap performa mobil. Misal, HEV (Hybrid Electric Vehicle) tidak memerlukan pengisian daya dari luar, karena baterainya diisi saat mobil berjalan melalui sistem regenerative braking," katanya kepada Kompas.com, Minggu (13/10/2024).

Lung Lung selanjutnya menjelaskan tentang PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Jenis ini berbeda dari HEV karena bisa diisi ulang menggunakan sumber listrik eksternal.

"PHEV memungkinkan Anda berkendara dengan motor listrik saja untuk jarak yang lebih jauh sebelum mesin bensin mulai bekerja. Ini membuat PHEV lebih efisien, terutama bagi mereka yang sering berkendara di dalam kota dengan jarak pendek," tambahnya.

Sementara itu, untuk MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle), Lung Lung menekankan bahwa jenis ini tidak bisa sepenuhnya berjalan dengan tenaga listrik.

"MHEV hanya menggunakan motor listrik untuk membantu mesin bensin dalam situasi tertentu, seperti saat akselerasi. Ini memang tidak seefisien HEV atau PHEV dalam hal penghematan bahan bakar, tapi tetap memberikan manfaat dalam hal pengurangan emisi dan sedikit meningkatkan efisiensi," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/14/090200515/kenali-ragam-teknologi-mobil-hybrid-dari-hev-phev-dan-mhev

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke