Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbandingan Tenaga dan Dimensi Tiggo 8, Xpander Cross, dan BR-V N7X

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dikenalkan dalam beberapa rangkaian pameran, akhir PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi meluncurkan harga Tiggo 8.

Mobil ini hadir sebagai pilihan baru sport utility vehicle (SUV) 7 penumpang, sekaligus menjadi versi murah dari keluarga Tiggo 8 lainnya yang sudah meluncur lebih dulu di Indonesia.

Hadir dalam dua pilihan tipe, Tiggo 8 versi terendah dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 349,5 juta on the road (OTR) Jakarta.

Meski hadir sebagai SUV medium, namun banderol untuk tipe Comfort bersinggungan dengan beberapa low sport utility vehicle (LSUV) 7 penumpang, salah satunya Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V.

Bahkan bila dibandingkan, harga Tiggo 8 lebih murah dari Xpander Cross varian tertinggi yang saat ini dipasarkan Rp 353,15 juta.

Demikian juga bila disandingkan dengan BR-V N7X yang menggunakan Honda Sensing dan dipasarkan Rp 363,4 juta.

Melalui harga yang lebih murah tersebut, tentu tak sekadar memberikan opsi baru bagi yang mencari SUV 7 penumpang, tapi juga membuat banyak orang akan membandingkan, dari aspek dimensi, fitur, sampai mesin.

Untuk mempermudah, berikut komparasi ringan dari sisi dimensi dan performa antara Tiggo 8 Comfort dan BR-V serta Xpander Cross varian tertinggi.

Mesin

Datang sebagai versi termurah dari keluarga Tiggo 8, dapur pacu yang digunakan juga lebih kecil, yakni 1.600 cc turbo.

Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 186 Ps atau 183,3 Tk dan torsi 290 Nm, dan didistribusikan ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis kopling ganda tipe basah.

BR-V N7X dengan Honda Sensing, mengusung mesin 1.500 cc yang memiliki tenaga sebesar 121 Ps atau 119,2 Tk dan torsi 141 Nm serta transmisi CVT.

Sedangkan Xpander Cross, mesin 1.500 yang digunakan mampu memproduksi tenaga 105 Tk dan tosi yang sama dengan BR-V.

Berdasarkan perbandingan data di atas kertas tersebut, jelas Chery Tiggo 8 menang telak. Apalagi dengan adanya sistem turbo yang digunakan, membuat sensasi berkendara seperti mobil dengan mesin 2.000 cc.

Dimensi

Sebagai sebuah SUV 7 penumpang, jelas dimensi yang disajikan sedikit mirip dengan deretan MPV menengah umumnya.

Untuk Tiggo 8, punya panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.746 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.710 mm.

Mitsubishi Xpander Cross memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.750 mm, dan wheelbase 2.775 mm, Tiggo juga masih lebih unggul dari sisi panjang dan lebar.

Sementara BR-V, punya panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.650 mm, serta jarak sumbu roda 2.660 mm. Dengan demikan, Tiggo 8 memang masih lebih bongsor dari kedua LSUV Jepang tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/11/163100815/perbandingan-tenaga-dan-dimensi-tiggo-8-xpander-cross-dan-br-v-n7x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke