Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengendara Motor Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelanggaran lalu lintas merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi di banyak negara, termasuk Indonesia.

Pengendara motor, yang merupakan salah satu kelompok pengguna jalan terbanyak, sering kali terlibat dalam berbagai pelanggaran.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, mengatakan, selama periode Januari hingga September 2024 pelanggaran lalu lintas didominasi kendaraan roda dua.

Pelanggaran yang sering dilakukan para pengendara motor adalah tidak menggunakan helm dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan.

Sedangkan pengendara roda empat sering kali tidak menggunakan sabuk keselamatan. Hal ini jelas membahayakan keselamatan diri pengendara serta pengguna jalan lainnya.

“Paling banyak itu pelanggaran tidak menggunakan helm hampir 438.000 seluruh Indonesia, kemudian surat-surat, kelengkapan kendaraan seperti spion, kemudian marka rambu dan melawan arus lalu lintas,” ujar Slamet, disitat dari laman Humas Polri (9/10/2024).

“Sedangkan untuk roda empat ya rata-rata ada 547.000, pelanggaran paling banyak seperti marka rambu, kemudian sabuk keselamatan surat-surat dan melawan arah itu lima besar yang selalu terjadi,” kata dia.

Slamet juga mengatakan, pada 2023 tercatat hampir 152.000 kejadian kecelakaan di seluruh Indonesia. Data tersebut menunjukkan betapa besar dampak dari pelanggaran lalu lintas terhadap keselamatan masyarakat.

“Dari data kecelakaan nasional di tahun 2023 kita hampir 152.000 kejadian kecelakaan, korban meninggal dunia hampir 18.357 kejadian, kemudian yang luka berat 11. 689 kejadian, luka ringan 134.800 kejadian di seluruh Indonesia,” ucap Slamet.

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas sering kali diawali dari pelanggaran yang dilakukan oleh para pengendara.

“Mari kita hindari melanggar baik itu pelanggaran yang sifatnya disengaja maupun tidak disengaja, dalam rangka meningkatkan tertib hukum budaya berlalu lintas di Indonesia mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa berlalu lintas di Indonesia itu lebih tertib dan lebih bagus,” kata Slamet.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/09/141200415/pengendara-motor-dominasi-pelanggaran-lalu-lintas-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke