Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol Saat Musim Hujan

SOLO, KOMPAS.com - Berkendara di jalan tol saat musim hujan merupakan tantangan tersendiri yang memerlukan kewaspadaan dan kehati-hatian ekstra bagi pengemudi.

Ketika hujan, risiko kecelakaan meningkat secara signifikan karena kecepatan tinggi, jarak pandang yang terbatas, serta permukaan jalan yang licin sering kali terjadi bersamaan.

Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Sumarna mengatakan, berkendara di jalan tol memiliki bahaya yang tinggi.

“Berkendara di jalan tol saja bahayanya tinggi, ditambah hujan. Maka semakin besar bahanya,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sony mengatakan, untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan tol ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengemudi.

Pertama, jaga kecepatan berkendara untuk menghindari terjadinya aquaplaning, di mana kondisi roda melayang ketika melalui genangan air dalam kecepatan yang tinggi.

Kedua, jaga jarak aman dengan kendaraan lain sehingga ada ruang untuk mengantisipasi dan memiliki visibilitas luas. Serta, gunakan lajur paling aman yaitu lajur kiri.

"Selalu berjalan di kiri. Lajur yang paling aman, karena kecepatan maksimalnya hanya 60 kpj," kata Sony.

Sony melanjutkan, pengemudi bisa menyalakan lampu senja untuk membantu visibilitas pengemudi ke depan, serta membantu pengemudi di depannya tersebut sebagai patokan.

Hindari kebiasaan menyalip atau mendahului kendaraan lain di saat kondisi hujan. Ini dapat memperbesar potensi terjadinya kecelakaan.

"Di saat menyusul (dengan) kecepatan kendaraan di atas rata-rata, mudah slip akibat slipstream, crosswind, blindspot, dan lain-lain," ujar Sony.

Terakhir, dari sisi kondisi kendaraan, pengemudi juga harus memperhatikan dan menjaga kondisi ban. Menjadi komponen utama yang bersentuhan langsung dengan aspal, kondisi ban harus prima agar memiliki grip yang baik khususnya saat melalui jalan yang basah.

"Jaga kondisi ban, baik pattern-nya maupun cek anginnya. Supaya grip-nya lebih baik ke permukaan jalan," ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/30/131200515/tips-menghindari-kecelakaan-di-jalan-tol-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke