Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kerap Jadi Penyebab Kecelakaan Bus, BPTJ Gelar Bimtek Pengereman

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengelar Bimbingan Teknis kepada pengemudi dari 14 perusahaan operator angkutan penumpang, baik swasta, BUMN, maupun BUMD wilayah Jabodetabek.

Materi kali ini menekankan tata cara pengereman kendaraan angkutan penumpang yang menggunakan fasilitas Hino Support Customer Center (HTSCC) di Purwakarta, Jawa Barat.

Alasan materi tersebut dipilih, karena penyebab kecelakaan lalu lintas angkutan jalan masih didominasi faktor manusia. Hal ini berdasarkan laporan final investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) selama 2020 sampai 2023.

Disebutkan, dari hasil investigasi kecelakaan lalu lintas angkutan jalan, sering menemukan penyebab kecelakaan dengan pola yang sama, yakni kesalahan pengemudi melakukan prosedur pengereman di jalan menurun.

Kondisi substandar juga kerap ditemui pada sistem rem kendaraan. Hal ini diklaim mempercepat kegagalan pengereman saat terjadi keselahan prosedur pengereman.

Dedy Cahyadi, Sekretaris BPTJ mengatakan, Bimtek ini merupakan yang kelima kalinya sejak 2021 dan menjadi langkap nyata mengimplementasi Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), khususnya pada Pilar I, yaitu kebijakan Peningkatan Keselamatan dan Keamanan Transportasi Perkotaan.

"Ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan pembinaan yang lebih baik kepada para operator angkutan, guna mewujudkan keselamatan jalan dan mengelola risiko kecelakaan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," ujar Dedy, dalam keterangan resminya, Jumat (27/9/2024).

Pelaksanaan Bimtek dibagi menjadi dua hari, dengan materi teori pada hari pertama dan praktik langsung pada hari kedua.

Terkait teori, cakupannya dari pemeriksaan dan perawatan rutin kendaraan, kajian sistem rem, teori sistem pengereman, hingga prosedur pengereman yang benar.

Untuk hari kedua, peserta diberi kesempatan mempraktekkan keterampilan mengemudikan bus bertransmisi manual, melakukan inspeksi kendaraan, serta menerapkan teknik pengereman yang aman, terutama di kontur jalan menurun serta peningkatan kewaspadaan terhadap area blind spot.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/27/153100715/kerap-jadi-penyebab-kecelakaan-bus-bptj-gelar-bimtek-pengereman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke