Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri Komponen Lokal Bidik Peluang Kolaborasi EV di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten manufaktur komponen otomotif di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membidik peluang untuk ekspansi ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

Kondisi ini. seiring dengan munculnya beberapa pabrikan otomotif baru di Tanah Air yabg lantas menghadirkan peluang bagi perseroan menjalin kolaborasi ekspansi.

Pada segmen EV, DRMA sendiri sudah memproduksi battery pack, charging station, BLDC motor dan komponen lain yang mendukung aturan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Selain itu, perusahaan juga telah memiliki workshop untuk melakukan konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi EV, sebagai langkah untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

"Diversifikasi ini memanfaatkan potensi pasar yang besar, melayani sektor OEM otomotif, komersial, industri, perumahan, dan utilitas baik di dalam maupun luar negeri," kata Presiden Direktur DRMA, Irianto Santoso dalam keterangannya, Jumat (20/9/2024).

Dedikasi Perseroan terhadap pengembangan bisnis kendaraan listrik semakin mewujud nyata melalui penciptaan “Dharma Connect,” sebuah ekosistem kolaboratif yang mendorong pengembangan kendaraan listrik.

Dharma Connect terbagi dalam empat segmen yaitu DC Battery (battery pack & energy storage system), DC Power (slow & fast charging), DC Motor (BLDC Hub & Mid Drive Motor), dan DC Solar.

"Komitmen DRMA terhadap inovasi dan pertumbuhan yang strategis memposisikan mereka untuk menang di pasar masa depan," kata Irianto.

Untuk diketahui, pada Juli 2024, DRMA telah memasok komponen EV yang penting untuk model EV pertama yang diproduksi secara lokal dengan menggunakan battery pack yang diproduksi di Indonesia. Komponen yang dipasok berupa battery pack casing, serta wiring harness-nya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/20/140100915/industri-komponen-lokal-bidik-peluang-kolaborasi-ev-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke