Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Merawat Power Window supaya Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua mobil baru saat ini sudah menggunakan fitur power window untuk memudahkan pengguna kendaraan menutup atau membuka jendela.

Mengingat caranya yang sudah menggunakan komponen motor penggerak, otomatis perlu didukung dengan perawatan agar fungsinya berjalan normal. Selain itu, dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, usia power window juga bisa lebih awet.

Ryan dari bengkel spesialis power window, Tiga Saudara Motor, di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan, salah satu yang harus diperhatikan adalah karet list pada kaca. Sebab, bila kondisinya sudah mengeras bisa menghambat kerja keluar masuk kaca yang membuat motor listrik menjadi berat.

“Perawatan yang penting itu di karet run glass-nya. Kalau mobil habis dicuci kan suka kering, kesat, itu yang bisa bikin kinerja motor berat. Jadi umur pakainya lebih cepat,” kata Ryan kepada Kompas.com, di Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).

Ryan melanjutkan, pemilik kendaraan bisa membersihkan karet list kaca sebagai jalur atau rel kaca dengan menggunakan minyak sayur atau lebih bagus memakai cairan khusus silicon spray.

“Bersihkan karet bisa pakai minyak sayur atau silicon spray supaya kerja motor lebih ringan bisa lebih awet. Asal jangan pakai oli atau semir ban, karena beberapa kasus karet disemprot semir ban awalnya saja licin, tapi setelahnya keras,” ucap Ryan.

Selain itu, pengguna kendaraan juga harus menggunakan power window dengan bijak. Jangan terlalu sering menaikturunkan kaca mobil jika tidak perlu atau membuka kaca dengan penuh. Jika sering menaikturunkan kaca, bisa saja sekring mengalami kerusakan.

Sekring di sini berfungsi sebagai pemutus aliran listrik untuk meminimalisasi terjadinya korsleting. Ketika sekring mengalami kerusakan, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/30/100200515/cara-mudah-merawat-power-window-supaya-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke