Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Merawat Mobil Transmisi Manual Lebih Mudah dan Ekonomis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang daya tahan, mobil dengan transmisi manual sering kali dianggap lebih awet dibandingkan dengan transmisi otomatis.

Menurut Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, ada beberapa faktor yang membuat mobil dengan transmisi manual lebih ekonomis dalam hal perawatan.

"Kalau kita bicara soal manual, itu lebih simpel dari segi mekanisme. Tidak ada yang namanya torque converter atau komponen-komponen elektronik yang ribet. Jadi, kalau ada masalah, biasanya lebih mudah dideteksi dan diperbaiki," kata Lung Lung kepada Kompas.com, Rabu (28/8/2024).

Selain itu, Lung Lung juga menambahkan bahwa pengguna mobil manual biasanya lebih sadar dan terlatih dalam mengoperasikan kendaraannya.

"Mereka lebih peka sama kondisi mobilnya. Misalnya, kapan harus ganti gigi, kapan harus rem, semua itu bisa bikin komponen-komponen mobil lebih awet karena mereka tidak asal injak gas atau rem aja," katanya.

Lung Lung juga menjelaskan, alasan mengapa biaya perawatan mobil manual cenderung lebih rendah.

"Ya jelas lebih murah. Karena enggak banyak komponen elektronik yang harus dicek atau diganti. Makanya banyak orang yang masih setia sama mobil manual, apalagi buat yang doyan merawat mobil sendiri," ucapnya.

Selain lebih tahan lama, pengemudi transmisi manual juga bisa lebih hemat bahan bakar karena bisa mengatur putaran mesin secara efisien.

Dengan demikian, tidak hanya usia komponen yang lebih panjang, tetapi juga pengeluaran untuk bahan bakar bisa ditekan, menjadikan mobil transmisi manual pilihan yang lebih ekonomis dan praktis.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/28/192100915/alasan-merawat-mobil-transmisi-manual-lebih-mudah-dan-ekonomis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke