Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Diprotes, Kepala Stewards MotoGP Diganti Musim Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Stewards saat ini dikepalai oleh Freddie Spencer yang sering kali dikeluhkan kinerjanya oleh para pebalap. Mulai musim depan, dirinya tidak akan lagi menjabat sebagai Kepala Stewards MotoGP.

Untuk diketahui, MotoGP Stewards memiliki fungsi yang cukup penting pada jalannya balapan. Tim ini yang akan memberikan sanksi atau penalti kepada pebalap yang melanggar aturan. Intinya, tim ini yang bertugas untuk menegakkan regulasi yang berlaku.

Spencer sudah menjadi Kepala MotoGP Stewards sejak 2019. Mantan dua kali juara dunia 500 cc ini mendapatkan posisi tersebut berdasarkan rekomendasi dari asosiasi tim balap MotoGP.

Dikutip dari Motorsport.com, Senin (29/7/2024), Spencer akan digantikan oleh Simon Crafar setelah lima tahun bertugas. Namun, belum diketahui apakah nantinya dia akan mendapatkan tugas baru dari FIM atau Dorna Sports.

Crafar sendiri merupakan mantan pebalap. Saat ini, dirinya bertugas sebagai salah satu pembawa acara TV. Crafar juga sering kali mendapat tugas untuk mewawancarai para pebalap MotoGP di paddock maupun parc ferme.

“Sungguh menyenangkan bisa menjadi ketua panel yang pertama, dan bekerja untuk menempatkan orang-orang dan prosedur yang luar biasa seperti yang kami miliki sekarang,” ujar Spencer.

"“Ketika saya diminta untuk menjadi ketua, saya menerimanya karena saya ingin berkontribusi pada olahraga ini dan saya bangga dengan jabatan saya. Saya menantikan beberapa proyek menarik di masa depan, dan saya tahu tim ini akan berada di tangan yang tepat bersama Simon,” kata Spencer.

Sebelumnya, Johann Zarco mengungkapkan bahwa Spencer tidak cocok berada di posisi tersebut.

Selain itu, Fabio Quartararo juga sering kali mempertanyakan kinerja MotoGP Stewards karena sering dinilai tidak adil dan tidak konsisten dalam memberikan pelanggaran.

Crafar mengatakan, dirinya sangat menantikan tantangan baru ini. Dia tidak mengambil keputusan dengan mudah untuk membuat perubahan dan menerima penunjukan ini.

"Sebab, ini berarti meninggalkan peran yang sangat saya nikmati, tetapi setelah tujuh tahun menjadi komentator MotoGP, saya siap untuk sesuatu yang baru. Saya akan mendekati posisi baru ini dengan memanfaatkan pengalaman saya di dalam dan di luar motor sebagai pebalap, teknisi, pelatih, dan jurnalis," ujar Crafar.

"Tetapi yang lebih penting adalah kecintaan saya pada olahraga ini dan rasa hormat saya pada para pesaing. Saya merasa terhormat bisa dipercaya dengan tanggung jawab ini dan dinominasikan untuk posisi ini," kata Crafar.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/29/181100215/banyak-diprotes-kepala-stewards-motogp-diganti-musim-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke