Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Moeldoko Prediksi VinFast dan BYD Bakal Disrupsi Pasar Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif nasional kian ramai di 2024, khususnya di segmen mobil listrik setelah kehadiran dua pabrikan besar baru, yakni BYD dari China dan VinFast asal Vietnam.

Kedua merek ini pertama kali menyapa calon konsumen di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Tidak menunggu waktu lama, baik BYD atau VinFast juga sudah mulai berjualan saat pameran.

BYD dan VinFast juga cukup memeriahkan ajang IIMS 2024, dengan menghadirkan model mobil listrik terbaru dengan desain unik serta fitur mumpuni.

Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), mengaku cukup bersemangat dengan adanya kondisi semacam ini.

Menurutnya, variasi dari segi desain, model, dan semacamnya akan sangat menguntungkan masyarakat. Segmen mobil listrik sendiri diklaim masih baru, jadi ada banyak ruang untuk perkembangan.

Selain itu, dia juga mengamini jika hadirnya BYD dan VinFast bisa mendisrupsi pasar mobil listrik nasional, yang selama ini dirasa cukup tenang tanpa ada persaingan berarti.

“Saya pikir masyarakat harus semakin banyak diberikan pilihan ya. kemarin-kemarin kan belum banyak pilihan. Sekarang dengan brand-brand baru ini, orang punya kesempatan untuk memilih lebih banyak,” ucapnya menjawab pertanyaan Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Moeldoko menambahkan, salah satu kunci utama dari inovasi adalah kompetisi. Menyangkut mobil listrik, pertarungan antar merek-lah yang bisa jadi katalis.

“Kompetisi kompetitif di desain, di kecanggihan, yang kedua kompetitif di harga. Nah ini masyarakat punya hak untuk memilih yang terbaik mana,” kata Moeldoko.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/02/21/071200115/moeldoko-prediksi-vinfast-dan-byd-bakal-disrupsi-pasar-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke