Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sensasi Fitur AYC Xpander Cross yang Bikin Pede Bermanuver

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik, Mitsubsihi menyematkan fitur canggih pada Xpander Cross, yakni Active Yaw Control (AYC).

Tak seperti kebanyakan fitur yang pada kompetitornya, AYC disematkan untuk mendukung sensasi berkendara serta menambah sisi kenyamanan serta keamanan.

Secara fungsi, AYC pada Xpander Cross akan membantu meningkatkan performa saat melewati lintasan menikung di area perbukitan atau basah. AYC akan mengoptimalkan kontrol pengereman dan ban, membuat manuver mobil akan lebih aman.

Pada dasarnya, fitur ini bekerja dengan sistem pengereman seperti ABS dan ASC yang dapat menyesuaikan atau beradaptasi pada gaya pengereman roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan saat bermanuver.

Artinya, dengan keberadaan AYC pada Xpander Cross akan memastikan respon yang lebih sigap sesuai keinginan pengemudi saat bermanuver.

Hal ini pun redaksi rasakan saat beberapa waktu lalu mengajak Xpander Cross menjelajah ke kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Melewati medan aspal berkelok dengan kontur jalan menanjak dan menurun, mampu dilewati dengan mudah.

Sensasi berkendara, terutama saat barmanuver makin presisi, yang secara tak langsung membantu meningkatkan rasa aman dan percaya diri.

Ketika berada di kecepatan 40-50 kpj, efek understeer yang biasa terjadi pada mobil penggerak roda depan bisa diredam cukup baik. Tak bisa dipungkiri, bila penyematan AYC memang sesuai dengan DNA Mitsubishi yang identik dengan reli.

Bagian belakang Xpander Cross tak terlalu terlalu membuang ke arah kanan atau kiri, yang hasilnya memberikan pengalaman berkendara lebih baik.

Seperti yang sebelumnya dijelaskan Shinji Suzuki, Product Appeal Evaluation Departement Mitsubishi Motors, yakni saat menikung di permukaan jalan yang licin, sistem pengereman AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan.

Dengan demikian mampu meminimalkan efek understeer (kehilangan kendali) dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

"Modul ABS akan menghindari ban kendaraan terkunci saat melakukan rem mendadak, selanjutnya tugas ASC ialah mendeteksi ada oversteer atau understeer," ucap Suzuki beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dijelaskan, dengan demikian maka sistem tersebut bertugas untuk mengkontrol putaran mesin dan mengerem ban yang selip. Lalu distabilkan atau dijaga momentum kecepatannya dan putaran kemudi ketika bermanuver oleh sistem pengereman AYC. 

Tak hanya itu, hadirnya penyempurnaan pada bagian peredam kejut melalui aplikasi shock breaker belakang yang diperbesar dengan diameter sama seperti Pajero Sport, membuat kenyamanan kabin juga naik level, terutama ketika membawa Xpander Cross ke jalan non-aspal saat akan menuju salah satu pantai di Gunungkidul.

Meski secara struktur ground clearance menjadi lebih tinggi, namun efek limbung saat bermanucer minim terasa yang membuat Xpander Cross masih stabil dan responsif.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/27/150200715/sensasi-fitur-ayc-xpander-cross-yang-bikin-pede-bermanuver

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke