Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Honda Scrambler Didaftarkan di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Gambar paten motor Honda bergaya Scrambler diunggah ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Secara model, tampaknya seperti CL300 yang lebih dulu diperkenalkan secara global.

CL300 merupakan motor scrambler yang mengambil basis Honda Rebel 300. Secara mesin, lebih kurang sama, yakni 286 cc satu silinder dengan pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan adalah 25,7 TK dan memakai transmisi enam percepatan

Secara sasis pun hampir sama, bedanya dari tengah ke belakang, CL300 lebih panjang, berbeda dengan Rebel. Hasilnya, bodi CL300 lebih tinggi joknya dan ground clearance jangkung, cocok bergaya scrambler.

Kembali ke gambar paten, produk tersebut didaftarkan oleh Honda Motor Jepang. Pendesainnya Yuki Kanemura dan Yuya Tsutsumi, tanggal pengumumannya 21 Februari 2023.

Secara desain, CL300 bisa dikatakan bergaya scrambler kalau dilihat posisi knalpotnya yang tinggi. Selain itu, penggunaan ban dual purpose juga menambah gagah tampilan motor ringkas ini.

Sebenarnya soal gambar paten seperti ini, bukan jadi pertanda akan diproduksi di Indonesia. Apalagi jika dikutip dari laman DJKI, ada juga gambar paten Honda CBR250RR untuk pasar Jepang, dengan lampu sein depan yang menonjol.

Tapi, menarik rasanya jika Astra Honda Motor (AHM) mau memboyong motor ringkas bergaya petualang ini. Apalagi kontur jalan di Indonesia yang beragam rasanya cocok jika dilibas memakai Honda CL300.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/27/180100215/motor-honda-scrambler-didaftarkan-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke