Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keroyok Honda HR-V!

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada gula, ada semut. Peribahasa sederhana yang punya makna pas menggambarkan kondisi pasar kelas sport utlity vehicle (SUV) di Indonesia saat ini. Apalagi bicara segmen B, berbagai model mulai bermunculan.

Tak hanya di global, persaingan kelas sport utlity vehicle (SUV) juga semakin ketat di Indonesia. Banyak pemain baru bermunculan, khususnya di segmen B. Mulai perwakilan dari Korea Selatan, Jepang, bahkan merek China juga tak mau ketinggalan. 

Berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan mobil dari pabrik ke diler alias wholesales segmen low sport utility vehicle (LSUV) pada 2022 sebanyak 143.433 unit dengan kontribusi 13,7 persen dari total pasar otomotif nasional.

Jumlah itu naik 24,3 persen dari periode Januari-Desember 2020 yang hanya 115.349 unit. Sedangkan sebelum pandemi atau pada 2019, sempat menyentuh 210.719 unit. Data ini menunjukkan kalau memang porsi penjualan SUV semakin dominan.

Kemudian, bicara ke segmen SUV B, ternyata juga terjadi dinamika persaingan pasar yang ketat. Masih mengolah data Gaikindo, sepanjang 2021 praktis hanya ada dua model yang menikmati segmen ini, yaitu Honda HR-V dan Wuling Almaz RS (mesin 1.5 L turbo). Pada itu, HR-V menguasai pasar dengan penjualan 15.711 unit sedangkan Almaz RS cuma laku 9.694 unit.

Lantas, persaingan mulai dilancarkan merek Korea Selatan, Hyundai, dengan meluncurkan Creta pada November 2021. Tapi baru mulai dipasarkan Februari 2022.

Honda HR-V juga meluncurkan generasi terbaru HR-V pada Maret 2022, seolah menjawab tantangan persaingan di pasar.

Sepanjang 2022, Honda HR-V masih berstatus sebagai penguasa pasar SUV segmen B terjual 25.228 unit, disusul Hyundai Creta 15.930 unit, dan Wuling Almaz 1.5 turbo 5.238 unit.

Menariknya, Justru persaingan semakin memuncak pada 2023 ini. Honda HR-V dikeroyok!

Penantang Baru Bermunculan

Memasuki awal 2023, tepatnya dalam ajang Indonesia Internatinal Motor Show (IIMS) yang terselenggara di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, total ada lima merek yang sudah dan akan memasarkan model SUV segmen B mengepung Honda HR-V.

  • Wuling Alvez

Tantangan pertama datang dari Wuling yang resmi meluncurkan Alvez pada IIMS 2023. Wuling resmi meluncurkan Alvez yang memiliki desain dan fitur layaknya SUV segmen B namun punya harga yang menyasar ke segmen A.

Sebagai merek yang relatif baru, senjata utama Wuling Alvez adalah banderol yang mendisrupsi pasar SUV ringkas. Alvez ditawarkan dari Rp 209 juta hingga Rp 295 juta, jauh dari harga Honda HR-V yang dibanderol mulai Rp 375,9 juta.

Harga Alvez bahkan cuma terpaut Rp 6 juta dari segmen di bawahnya, SUV segmen A, yaitu Daihatsu Rocky yang dijual mulai harga Rp 206,45 juta.

Fitur-fitur yang dihadirkan juga cukup mengancam, seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terbagi dalam tiga kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, dan Safe Distance & Braking Assistance.

  • Omoda 5

Masih dari pabrikan asal China, Chery juga resmi mengumumkan harga Omoda 5 pada ajang IIMS 2023. SUV segmen B ini datang dengan mesin turbo dan menjadi pesaing HR-V versi tertinggi, yakni 1.500 turbo with Honda Sensing.

Chery memasarkan Omoda 5 dengan harga Rp 328 juta hingga Rp 398 juta. Bicara soal fitur, memang menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan, selain dari desain yang futuristik dan material yang digadang-gadang cukup baik.

Pihak Chery juga mengklaim kalau permintaan Omoda 5 sudah melebihi ekspektasi yang ditetapkan sebelumnya, bahkan sampai berani menambah target penjualan.

  • Suzuki Grand Vitara

Generasi kelima Suzuki Grand Vitara juga akan menjadi pesaing tangguh Honda HR-V di kelas SUV segmen B untuk pasar Indonesia. 

Datang menawarkan teknologi elektrifikasi hybrid, Grand Vitara cukup punya modal kuat menggembosi porsi penjualan HR-V. Apalagi dari segi harga kabarnya bakal bermain mulai Rp 360 jutaan.

Bermodalkan mesin 1.500 cc mild hybrid, SUV dengan status CBU India ini sempat mencuri perhatian pasar karena menawarkan fitur dan desain yang menarik. Salah satu yang terpenting, harganya masih berada di bawah HR-V.

Selain itu, Grand Vitara terbaru ini juga punya sejarah panjang di Indonesia, sehingga secara psikologis bakal lebih mudah melekat di benak calon konsumen.

  • Mitsubishi XCF Concept

Serangan berikutnya, bakal datang dari Mitsubishi Motors. Merek tiga berlian merah ini resmi memajang purwarupa XCF Concept. Meskipun statusnya masih mobil konsep, sudah dipastikan kalau Mitsubishi bakal masuk ke segmen SUV B lewat produk ini, sekaligus menantang hegemoni Honda HR-V.

Dari informasi yang dirangkum, Mitsubishi sudah melakukan tes jalan pada versi produksi massal FXC di Indonesia. Spekulasinya, SUV baru ini bakal menggendong mesin sama dengan Xpander 1.500 cc dengan konfigurasi berbeda sesuai karakter dan teknologi hybrid.

Bahkan, menurut sumber KOMPAS.com, versi produksi dari XFC konsep ini akan diperkenalkan di pameran otomotif tahunan yang berlangsung Agustus 2023 atau tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang.

  • Toyota Yaris Cross

Tantangan paling baru, datang dari sang penguasa pasar Toyota. Toyota memang belum punya model yang bermain di segmen SUV B. Selama ini, hanya fokus jualan LSUV lewat Rush yang masih berpenggerak belakang, tapi juga sekaligus menguasai pasar.

Dari informasi yang diperoleh Kompas.com, Toyota bakal punya satu model baru dengan status produksi lokal dengan opsi varian hybrid. 

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, sudah memberikan kepastian akan ada satu SUV hybrid baru untuk pasar Indonesia tahun ini.

"Kita tunggu saja, ini sangat menarik untuk ditunggu. Kami selalu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk konsumen," ucap Warih kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Honda Tetap Pede

Terkait "keroyokan" kompetitor terhadap HR-V di pasar, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM), mengaku tetap pede dengan model andalannya. 

Billy billang, value for money tinggi menjadi salah satu andalan yang ditawarkan untuk konsumen. Honda HR-V disiapkan bagi konsumen yang tidak hanya memilih mobil berdasarkan harga atau sekadar status baru saja.

"Seperti model Honda lainnya, Honda HR-V dirancang dengan standar kualitas global yang sudah teruji durabilitasnya, mendapatkan rating keselamatan tertinggi, serta didukung layanan purnajual dan resale value yang memberikan nilai lebih bagi konsumen," ujar Billy kepada KOMPAS.com, Selasa (21/2/2023).

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/23/084200215/keroyok-honda-hr-v

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke