Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Royal Enfield Akusisi Perusahaan Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Eicher Motors Ltd induk Royal Enfield membeli 10,5 persen saham senilai 50 juta euro atau setara Rp 831 miliar di perusahaan startup sepeda motor listrik asal Spanyol Stark Future SL.

Dengan akusisi tersebut Eicher Motors Ltd. akan memiliki kursi Direktur di Dewan Stark Future. Investasi raksasa India ini menarik, sebab ditengarai sebagai langkah untuk mengembangkan motor listrik Royal Enfield.

Stark Future SL sebetulnya bukan nama baru. Meski baru perusahaan rintisan, Stark sudah pernah meluncurkan motor listri The Stark Varg pada Desember 2021. Motor itu disebut cukup laku, dan sudah terjual 1.000 unit pada pembukaan pre-order.

EV Direktur Pelaksana Eicher Motors Ltd, Siddhartha Lal mengatakan, pihaknya menciptakan motor listrik yang berbeda secara unik di segmen kelas menengah. Di mana di masa depan perusahaan dapat jadi pemimpin di segmen itu.

“Kami menyukai visi, semangat, dan fokus tim yang luar biasa di Stark Future. Sepeda motor rekreasi tidak mudah menggunakan teknologi EV pada tahap ini, karena tantangan seperti kisaran baterai, kemasan, berat, dan biaya," kata dia mengutip Rushlane, Senin (2/1/2022).

"Hal ini mengakibatkan pertumbuhan segmen ini terhambat hingga sekarang. Stark Future telah mampu memahami dan memanfaatkan potensi teknologi EV dengan mengungguli penawaran ICE secara dramatis, tanpa mengurangi jangkauan, berat, pengemasan, dan biaya," kata dia.

Investasi tersebut kata Siddhartha menjadi landasan bagi kemitraan jangka panjang dalam kolaborasi penelitian dan pengembangan motor listrik, dan dapat meluas ke berbagi teknologi, lisensi teknis, dan manufaktur.

"Mereka telah menciptakan sepeda motor motocross yang benar-benar mencengangkan," kata Siddhartha.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/02/180100515/royal-enfield-akusisi-perusahaan-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke