Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Tebar Tanah di Jalan Hindari Pengendara Motor Terpeleset karena Oli Tumpah

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan Polisi lalu-lintas yang menaburkan tanah di jalan raya. Tindakan itu dilakukan untuk menutupi ceceran oli yang bocor dari sepeda motor.

Tanah digunakan untuk menyerap oli sehingga jalan tidak licin sehingga tak membahayakan bagi pengguna kendaraan yang melintas.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Jabodetabek.terkini, kejadian tersebut terjadi di disekitar lampu merah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, (03/12/22).

Oli yang tercecer di jalan memang momok buat pemakai motor. Oli yang tumpah membuat jalan licin dan sangat berbahaya bagi pengendara karena bisa membuat hilangnya traksi roda, sampai keseimbangan.

Menurut Agus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkendara untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

“Pertama pandangan selalu lihat jauh ke depan agar kita bisa memprediksi bahaya yang akan terjadi, dan bisa segera mengambil keputusan yang tepat untuk keamanan berkendara kita,” ujar Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agus mengimbau pengemudi untuk tetap tenang dan jangan panik saat melewati jalan licin sehingga agar dapat mengoperasikan kendaraan dengan baik.

“Jangan tiba-tiba menarik rem depan secara kuat, karena akan menyebabkan ban depan tergelincir. Jadi, usahakan gunakan kedua rem namun porsi rem belakang lebih kuat,” kata dia.

Pengendara harus tetap mempertahankan keseimbangan membawa motor saat melewati cairan tersebut. Jangan lakukan gerakan reaktif dan kurangi laju motor dengan menutup putaran gas secara perlahan-lahan.

“Sebaiknya pengendara selalu memperhatikan kondisi sekililing dan berkonsentrasi dengan apa yang ada di depannya. Sebab, jika melihat cairan solar atau minyak pencegahan paling utama adalah dengan menghindarinya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/05/091200915/polisi-tebar-tanah-di-jalan-hindari-pengendara-motor-terpeleset-karena-oli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke