Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alphard Penyok Senggolan dengan Odong-Odong

Dalam video yang diunggah akun Instagram Indocarstuf diketahui kecelakaan tersebut terjadi di Pluit, Jakarta Utara. Namun tidak dijelaskan konologi kejadian dan siapa yang bertanggung jawab.

Hanya dijelaskan bahwa kejadian tersebut berkahir damai. Mobil Alphard memiliki asuransi sedangkan mobil odong-odong yang biasanya membawa banyak anak kecil pecah lampu depan.

Merujuk pada kecelakaan ini, dapat dilihat bahwa penting untuk memiliki asuransi mobil. Terutama jika memiliki mobil mewah dan sering melintas di kondisi jalan ramai.

Asuransi mobil merupakan jenis salah satu jenis asuransi yang paling umum ditemukan. Perlindungan asuransi ini menawarkan perlindungan finansial untuk kendaraan dari kehilangan akibat kecelakaan, kerusakan, pencurian, kebakaran dan bencana alam.

Berikut lima cara memilih produk asuransimobil:

1. Kenali perusahaan asuransi

Pastikan, calon pemudik hanya menggunakan Asuransi Kendaraan dari perusahaan yang telah mendapatkan izin OJK. Dikutip dari allianz.co.id, pemudik juga perlu untuk mengenali reputasi perusahaan asuransi tersebut.

Telusuri di internet dan media sosial untuk mengetahui track record perusahaan tersebut. Perhatikan setiap review yang diberikan oleh para penulis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan asuransi tersebut.

2. Mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan dengan informasi yang detail

Secara umum, asuransi kendaraan memberikan 2 macam perlindungan untuk dipilih, yakni komprehensif atau all risk dan total loss only (TLO).

Asuransi kendaraan all risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua kerusakan, mulai dari baret, penyok, kaca pecah, hingga kehilangan akibat pencurian. Semua kerusakan kecil dan besar ditanggung oleh asuransi kendaraan all risk.

Tentunya, dengan banyaknya perlindungan yang diberikan, nominal premi yang dibayar juga lebih mahal.

Sementara, asuransi kendaraan TLO memiliki besaran premi yang lebih murah dibandingkan asuransi all risk. Namun, asuransi kendaraan TLO hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat dan kehilangan.

3. Memahami perlindungan yang didapatkan

Bacalah polis asuransi kendaraan yang akan digunakan dengan cermat dan seksama. Di setiap polis terdapat hal-hal apa saja yang dijamin atau diberikan perlindungan oleh perusahaan asuransi.

Jangan segan bertanya ke pihak asuransi jika terdapat hal-hal yang tidak dipahami.

4. Membandingkan produk asuransi

Setiap produk asuransi kendaraan tentu menawarkan perlindungan yang berbeda-beda. Untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa hal yang perlu diperbandingkan.

Pertama adalah bengkel rekanan, kedua, kemudahan klaim pilihlah produk asuransi kendaraan yang baik adalah yang memberikan kemudahan klaim bagi nasabahnya. Misal asuranasi yang telah menyediakan layanan klaim secara digital.

Ketiga, adalah fitur layanan. Sebisa mungkin, pilihlah asuransi kendaraan yang memberikan berbagai fitur layanan penting seperti mobil derek, ambulan, dan layanan Emergency Road Assistance 24 jam.

5. Sesuaikan kebutuhan dan pengeluaran

Setiap produk asuransi kendaraan memiliki premi yang berbeda-beda. Jangan memaksa untuk membeli Asuransi Kendaraan dengan premi yang tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/30/112100615/alphard-penyok-senggolan-dengan-odong-odong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke