Salin Artikel

Ciri Engine Mounting pada Mobil Minta Ganti

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Engine mounting atau dudukan mesin merupakan komponen yang bertugas menopang mesin. Sehingga, komponen ini terbuat dari bahan karet yang dapat meredam getaran.

Jika komponen ini sudah jelek atau rusak, maka getaran mesin tidak mampu diredam dengan baik sehingga getaran mesin sangat terasa dari dalam kabin.

Nah, berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa engine mounting sudah minta ganti berdasarkan pemeriksaan visual dan gejala yang timbul.

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Yanto, mengatakan ada beberapa tanda engine mounting minta ganti baik dari yang dirasakan pengendara atau penumpang atau dari pemeriksaan secara visual.

“Engine mounting minta ganti bila roda kemudi terasa bergetar ketika mesin berputar stasioner, tidak ada hubungan secara langsung memang, sehingga kalau sampai roda kemudi bergetar, itu tandanya getaran mesin sudah tidak teredam dengan baik,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Dia mengatakan ketika mesin berputar, itu secara pasti akan menimbulkan getaran. Bila tidak ada kerusakan pada engine mounting, maka getaran mesin tersebut dapat teredam sehingga tidak akan terasa di roda kemudi yang tidak berhubungan secara langsung dengan mesin.

“Selain itu, bisa juga ditandai dengan hentakan ketika awal starter, mesin menjelang mati, atau ketika perpindahan tuas transmisi dari netral ke D atau R, saat itu mesin akan mengalami hentakan yang seharusnya teredam dengan baik bila engine mounting masih bagus,” ucap Yanto.

Dia mengatakan karena engine mounting sudah rusak, maka getaran pada saat mesin mengalami guncangan dari kinerja mesin itu sendiri akan terasa sampai dalam kabin.

“Bisa juga memeriksa dari kondisi fisiknya, biasanya terlihat ada retakan di bagian karetnya, bisa juga karet sudah turun, sehingga tidak mampu meredam dengan baik,” ucap Yanto.

Jadi, bila muncul tanda-tanda getaran sampai terasa di dalam kabin, hentakan terasa di dalam kabin atau adanya retakan di komponen tersebut itu bisa menjadi tanda bahwa engine mounting sudah minta ganti.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/19/111200515/ciri-engine-mounting-pada-mobil-minta-ganti

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.