Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Durasi Ideal Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum digunakan mesin mobil perlu dipanaskan terlebih dulu sampai suhu kerja mesin ideal tercapai. Hal ini berlaku untuk mobil modern maupun keluaran lama.

Suhu mesin memang perlu sampai pada idealnya terlebih dulu sebelum dioperasikan agar performa kendaraan maksimal. Jika kendaraan digunakan dalam kondisi dingin, maka dapat dipastikan putaran mesin belum stabil.

Seperti yang diketahui, mobil modern dibekali oleh mesin yang serba otomatis. Putaran mesin saat kondisi suhu dingin akan dibuat lebih tinggi agar suhu kerja cepat tercapai. Jika dalam kondisi seperti itu mobil dipaksakan jalan, maka performanya tidak akan sama dengan mesin yang sudah memiliki suhu ideal.

Lantas, berapa lama idealnya dalam memanaskan mesin?

Technical Support Nissan Bintaro Fandi Ahmad, mengatakan memanaskan mesin tidak perlu lama-lama dan tidak perlu digas-gas, karena hampir semua mobil modern sudah memiliki sistem yang canggih.

“Paling butuh waktu 3-5 menitan, intinya sampai suhu kerja mesin tercapai, atau bisa melihat dari layar informasi suhu, jika sudah menyentuh angka 80 derajat celcius atau gambar suhu biru sudah mati maka kendaraan siap dioperasikan,” ucap Fandi kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022)

Dia mengatakan bila suhu kerja mesin tercapai maka secara otomatis putaran mesin akan berada di angka 700-750 rpm, sedangkan ketika dingin bisa menyentuh angka 1000 rpm. Itu merupakan sistem yang bekerja secara otomatis, sebagai pengganti sistem cuk pada mesin karburasi.

“Caranya memanaskan mesin juga tidak perlu digas-gas, cukup dinyalakan dan dibiarkan tanpa AC,” ucap Fandi.

Dia menjelaskan cara tersebut sudah lebih dari cukup. Ketika suhu kerja sudah tercapai, baru lah kendaraan sudah siap digunakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/01/124200215/durasi-ideal-memanaskan-mesin-mobil-di-pagi-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke