Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelat Nomor Dewa Bukan Pelat Sakti, Tetap Bisa Ditilang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelat nomor khusus atau yang sering disibut nomer dewa tidak mendapatkan hak istimewa. Saat beroperasi di jalan, pelat mobil ini tetap menaati aturan yang berlaku sama seperti yang lain.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan berbagai pelat nomor khusus yang biasa terlihat seperti RFS, RFT, RFD, RFU, RFO, RFQ, RFZ dan sebagainya tetap sama di mata hukum

"Termasuk dalam ganjil-genap bahwa mobil dengan nomor RF bukan termasuk yang mendapatkan pengecualian. Dalam arti kalau melakukan pelanggaran lalu lintas tetap bisa dikenakan tilang atau teguran," katanya Selasa (14/6/2022).

Budiyanto mengatakan, dasar pengeluaran TNKB khusus dan rahasia adalah Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 68 ayat 5 .

Budiyanto menjelaskan, nomor kendaraan khusus dikeluarkan untuk mendukung kepentingan pengamanan pejabat tertentu dan atau melaksanaksn tugas operasional inteljen dan penyidikan diberikan kepada TNI, Polri dan instansi pemerintah.

Sedangkan nomor rahasia yang diberikan kepada kendaraan dinas yang di dalam melaksanakan tugasnya membutuhkan kerahasiaan diberikan kepada kesatuan inteljen TNI, inteljen Polri, intel Kejaksaan, BIN dan penyidik.

Dalam pasal 3 ayat e Perpol Nomor 3 tahun 2012 bahwa penerbitan rekomendasi STNK/TNKB khusus dan rahasia hanya diberikan kepada pejabat tertentu sesuai dengan kekhususan tugas dan jabatannya," katanya.

Sedangkan pasal 6 ayat 1 disebutkan STNK/TNKB rahasia diberikan bagi kendaraan bermotor dinas dalam melaksanakan tugas membutuhkan kerahasiaan identitas kendaraan dan pengguna.

"Berarti jelas bahwa kendaraan bermotor dengan TNKB khusus dan atau rahasia adalah untuk diberikan pada pejabat tertentu untuk mendukung tugas - tugas yang bersifat khusus dan rahasia," kata Budiyanto.

"Dalam pelaksanaan operasionalnya atau di jalan tetap menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku tanpa terkecuali," kata mantan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya itu.

"Dengan kata lain kendaraan dengan nomor khusus dan atau rahasia tidak ada keistimewaan dan perlakuan khusus dalam berlalu lintas. Hal ini yang perlu dipahami oleh seluruh komponen masyarakat sekaligus untuk menepis adanya nomor dewa," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/14/152100815/pelat-nomor-dewa-bukan-pelat-sakti-tetap-bisa-ditilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke