Salin Artikel

Boleh Beli Ban Mobil Secara Eceran, tapi Simak Ini

Jika kondisi ban tidak optimal dapat membahayakan keselamatan berkendara. Bahkan nyawa dapat menjadi taruhan jika ban mobil alami masalah.

Pada saat ban mobil rusak, menipis atau haus, pemilik mobil harus mengganti dengan ban yang baru guna menjaga performa kendaraan.

Namun, mengganti ban mobil membuat pemilik kendaraan harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Maka dari, ban eceran atau satuan yang bukan empat sekaligus banyak dipilih sebagai alternatif.

On Vehicle Test (OVT) manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan baiknya hanya mengganti dua ban yang dipasang pada ban belakang.

“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan masih bisa dikontrol lewat setir,” katanya saat dihubungi Kompas.com.

Jika konsumen hanya memungkinkan membeli satu ban baru saja, pemasangan ban baru sebaiknya dipasang di posisi yang sama.

“Apa boleh buat kalau hanya membeli satu, tetap dipasang pada bagian belakang, bisa di kanan atau kiri,” kata Zulpata.

Selain itu, Zulpata menyarankan jika membeli ban mobil dengan sistem eceran, baiknya interval yang satu dengan lainnya jangan berjarak terlalu lama. Maksimal pembelian ban satu sama lainnya berjarak sebulan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/10/190100615/boleh-beli-ban-mobil-secara-eceran-tapi-simak-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.