Salin Artikel

Ketahui Bahaya Langsung Injak Rem Saat Pecah Ban di Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan tol, apalagi untuk perjalanan jarak jauh, membutuhkan persiapan yang matang. Salah satunya adalah kesiapan dari komponen kendaraan, seperti ban.

Penting untuk merawat kondisinya agar tidak terjadi pecah ban saat melaju dalam kecepatan tinggi di jalan tol. Sebab, dalam keadaan tersebut tak sedikit pengemudi yang panik dan justru melakukan tindakan yang memperparah situasi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, pecah ban saat kendaraan berjalan adalah kondisi di mana pengemudi tidak pernah siap karena terjadinya mendadak.

"Rata-rata yang menyebabkan fatality adalah pecah ban bagian depan, namun sekarang sudah banyak kasus fatality pecah ban belakang,” ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menjelaskan, ketika mengalami pecah ban dalam kecepatan 60 km/jam hingga 80 km/jam, sebaiknya jangan panik. Hal pertama yang harus dilakukan pengendara adalah menahan kemudi ke arah depan. Sebab, pecah ban membuat kemudi menjadi berat ke arah ban yang pecah tersebut.

“Pengemudi terkadang ingin instan melambatkan laju mobilnya, padahal hal ini salah untuk dilakukan,” kata dia.

Kemudian, ketika sudah berada dalam kondisi tersebut, sebaiknya pengemudi tidak menginjak pedal rem. Sebab, akan mengakibatkan tekanan udara pada ban yang pecah semakin berat, sehingga kendaraan bisa melintir.

“Segera angkat telapak kaki dari pedal rem ketika sadar, apabila hal ini terlambat justru akan membuat mobil hilang keseimbangan dan terbalik,” ujar Sony.

Untuk mengantisipasi terjadinya pecah ban, sangat disarankan untuk memastikan tekanan udara pada ban terkontrol. Khususnya, ketika melewati jalan tol atau arah keluar kota.

“Pengemudi juga sebaiknya berpikir dua kali untuk memacu kendaraan di atas 80 km/jam, biasakan mengemudi di kecepatan yang sesuai dengan akal sehat,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/03/110200115/ketahui-bahaya-langsung-injak-rem-saat-pecah-ban-di-jalan-tol

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.