Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Pakai Mobil Listrik, PLN Sediakan 267 Charging Station

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan bertambahnya tren penggunaan mobil listrik, PT PLN (Persero) terus membangun seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mempermudah pengguna dalam mengisi daya listrik electric vehicle (EV).

Terlebih jelang mudik Lebaran tahun ini, di mana pengguna mobil listrik juga harus mempersiapkan perjalanan dengan matang.

Bukan cuma kondisi fisik dan kendaraan saja yang disiapkan, tapi juga memperhitungkan lokasi charging station terdekat, supaya perjalanan mudik tetap lancar dan tidak kehabisan daya baterai.

“Kami siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Dimanapun SPKLU-nya listriknya pakai PLN dan kami siap baik secara jumlah pasokan maupun bisnisnya,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan, dalam keterangan tertulis (17/4/2022).

Untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik, PLN terus menambah jumlah SPKLU di Tanah Air. Hingga Maret 2022, dari total 267 unit SPKLU di Indonesia, sekitar 120 unit milik PLN dan tersebar di 92 lokasi di 46 kota.

Lokasi-lokasi tersebut bisa di cek pada Aplikasi PLN Mobile melalui fitur Electric Vehicle, sehingga para pengguna EV yang ingin melakukan perjalanan jauh dapat membuat rencana perjalanan yang terbaik bagi mereka.

Sebagai informasi, selain membantu instalasi perangkat home charging, PLN juga memberikan insentif untuk lebih menarik pelanggan.

Di antaranya adalah diskon tarif listrik sebesar 30 persen kepada pemilik kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya baterai mobil listrik melalui fasilitas home charging pada pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

Terkini, PLN menghadirkan promo harga spesial biaya pasang baru untuk pemilik kendaraan listrik baru selama periode bulan Maret 2022 sampai dengan 31 Desember 2023 melalui Promo Super EVeryday.

Melalui promo ini, pelanggan yang memiliki kendaraan listrik dan home charging akan mendapat harga spesial sebesar Rp 850 ribu untuk biaya penyambungan baru daya 7.700 VA (1 fasa), atau untuk penyambungan daya 13.200 VA (3 fasa) hanya membayar sebesar Rp 3,5 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/18/154100415/mudik-pakai-mobil-listrik-pln-sediakan-267-charging-station

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke