Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Dibuat dari Material Ramah Lingkungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik yang tentunya tidak menghasilkan emisi. Selain mesinnya, material yang digunakan juga ramah lingkungan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) saat media briefing di booth Hyundai pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, di Hall D1, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Interior Ioniq 5 juga mengusung prinsip berkelanjutan dengan menghadirkan material ramah lingkungan sehingga memberikan pengalaman terbaik serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan untuk generasi mendatang," ujar Bonar, kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Bonar menambahkan, material jok yang digunakan juga dari bahan yang unik. Joknya dibuat dari botol Polietilena Tereftalat (PET) daur ulang.

Tak hanya itu, cover kursi Ioniq 5 menggunakan kain campuran wol yang ramah lingkungan.

"Untuk setiap Ioniq 5, setidaknya ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik. Serpihan itu kemudian dicairkan dan dipintal menjadi benang yang membuat kain pelapis anyaman yang menarik namun tetap nyaman," kata Bonar.

Lalu, di bagian pintu juga terbuat dari 100 persen kertas High-density polyethylene (HDPE) yang dapat didaur ulang. Kertas ini punya tekstur yang ringan, sama seperti kertas tradisional Korea.

Pintu serta bantalan benturan atau crash pad dari Ioniq 5 dicat dengan cat berbahan alami mengandung minyak yang diekstrak dari tanaman, seperti bunga lobak dan jagung.

Ioniq 5 hadir dalam dua varian, yakni Prime dan Signature, yang masing-masing memiliki dua tipe, Standard Range dan Long Range. Sayangnya, Hyundai belum mengumumkan harga mobil listrik tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/02/162200315/mobil-listrik-hyundai-ioniq-5-dibuat-dari-material-ramah-lingkungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke