Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Akibat Memaksa Menyalip, Toyota Kijang Adu Banteng dengan APV | Pertalite Resmi Gantikan Premium, Berikut Update Harga BBM Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kecelakaan yang diakibatkan aksi nekat pengendara saat menyalip kembali terjadi.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram Romansa Sopir Truk, memperlihatkan detik kecelakaan ketika mobil Toyota Kijang hendak menyalip kendaraan yang ada di depannya dan melawan arah hingga berakhir adu banteng dengan APV di Jalan Raya Batang, Sanggau, Kalimantan Barat.

Menyalip atau mendahului kendaraan lain merupakan kegiatan yang sangat membahayakan. Bahkan kecelakaan paling sering terjadi saat kendaraan sedang menyalip.

Kemudian, pemerintah menetapkan bensin RON 90 atau Pertalite menjadi Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) menggantikan bensin RON 88 atau Premium.

Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan yang ditekan 10 Maret 2022.

“Bensin RON 90 ditetapkan sebagai JBKP berdasarkan atas Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M.2022 tanggal 10 Maret 2022 tentang JBKP,” ucap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, dikutip dari Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 30 Maret 2022.

1. Akibat Memaksa Menyalip, Toyota Kijang Adu Banteng dengan APV

Maka dari itu, saat menyalip kendaraan membutuhkan persiapan yang matang agar tetap aman.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada empat hal yang harus dipastikan pengemudi sebelum menyalip kendaraan, yaitu aman, diperbolehkan, perlu, dan mampu.

“Pertama aman, tidak ada kendaraan dari belakang yang juga ingin menyalip. Lalu pastikan jarak kendaraan yang ada di depannya (kendaraan yang ingin disalip) cukup jauh sehingga kita bisa langsung kembali ke jalur yang benar setelah menyalipnya,” ucap Marcell, belum lama ini kepada Kompas.com.

2. Pertalite Resmi Gantikan Premium, Berikut Update Harga BBM Pertamina

Dengan keputusan Pertalite menjadi JBKP, maka harga jual eceran JBKP untuk jenis bensin RON 90 di titik serah ditetapkan sebesar Rp 7.650 per liter, atau tidak mengalami perubahan.

Angka itu sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak atas penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB).

Sementara itu, sudah ada sinyal kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) RON 92 Pertamax. Jika harga BBM non subsidi RON 92 mengikuti harga pasar minyak dunia, maka akan berada di kisaran Rp 15.945 per liter.

3. Kejadian Lagi, Pengemudi Ugal-ugalan Tabrak Mobil Lawan Arus

Terjadi lagi kecelakaan akibat pengemudi yang lalai atau belum memahami tata cara berkendara yang baik.

Terjadi baru-baru ini di Batang Tarang, Sanggau, Pontianak, Kalimantan Barat, seorang pengemudi Kijang Toyota terlihat berusaha menyalip kendaraan di depannya namun berujung menabrak kendaraan lain yang berada di lajur berlawanan arus.

Kejadian ini terekam oleh dashcam korban, diunggah oleh Instagram @dashcam_owners_indonesia, Selasa (29/3/2022).

4. Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Tol Dalam Kota

Penerapan tilang elektronik di jalan tol yang ada di Jakarta akan segera berlaku per April 2022. Sistem tilang dengan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) ini menyasar dua pelanggaran.

Pelanggaran pertama adalah untuk kendaraan yang melewati batas kecepatan maksimum dan kedua yakni kendaraan yang melanggar batas muatan.

Sebenarnya ETLE di jalan tol ini sedang disosialisasikan sampai akhir Maret 2022. Namun ketika masuk bulan April 2022, pelanggar akan diberikan sanksi berupa tilang.

5. Membandingkan Interior Honda HR-V dengan Hyundai Creta

Honda All New HR-V sudah resmi diluncurkan. Mobil ini memiliki beberapa keunggulan untuk menjawab persaingan dari munculnya Hyundai Creta.

Jika disandingkan, kedua sport utility vehicle (SUV) tersebut masih berada dalam kelas yang sama, meruncingkan persaingan cukup ketat.

Dari segi eksterior, kedua mobil ini punya konsep yang berbeda. HR-V terlihat lebih agresif dan sporty, sementara Creta tampil lebih unik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/31/060200415/-populer-otomotif-akibat-memaksa-menyalip-toyota-kijang-adu-banteng-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke