Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Kemacetan Jalur Puncak, Pemotor Nakal Bakal Ditindak

BOGOR, KOMPAS.com – Pada Kamis (3/3/2022), kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, diprediksi akan kembali dibanjiri wisatawa saat libur Nyepi. Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, polisi telah menyiapkan sejumlah strategi.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, mengatakan, kemacetan yang terjadi di Puncak pada Minggu (27/2/2022), disebabkan oleh beberapa hal.

Selain karena padatnya volume kendaraan karena banyak orang yang berlibur saat momentum libur peringatan Isra Mikraj, juga karena terdapat 10 kendaraan yang mogok di tengah jalan.

Suntana juga mengatakan, pihaknya bakal menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dengan menempatkan beberapa personel di lokasi-lokasi yang rawan kemacetan.

Ia turut merespons banyaknya gambar dan video yang memperlihatkan layaknya lautan sepeda motor di jalur puncak.

Rencananya, perilaku para pengendara motor ini bakal dapat perhatian khusus. Tujuannya agar masyarakat tidak mengendarai roda dua secara berombongan.

“Kami akan melakukan sosialisasi, bahkan edukasi,” ujar Suntana, dilansir dari Antara (1/3/2022).

“Kalau perlu, melakukan tindakan-tindakan terhadap perilaku pengendara motor yang berjalan rombongan yang suka mengganggu dan mengambil hak jalan pengendara lain,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, mengatakan, pihaknya bakal melakukan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kemudian sepanjang jalur juga kami tempatkan personel Polres Bogor. Jadi untuk membantu kelancaran arus bagi masyarakat yang mengarah ke Puncak, kita tempatkan personel sepanjang jalur Puncak,” ujar Iman, dilansir dari NTMC Polri (1/3/2022).

Selain itu, polisi meminta pengusaha hotel dan restoran untuk mendata jumlah pengunjung dan kendaraan yang ada.

“Kemudian kami juga berkoordinasi dengan hotel kemudian restoran dari PHRI untuk menghitung volume orang dan kendaraan yang keluar masuk ke arah Puncak, sehingga kami bisa melakukan langkah-langkah yang tepat sesuai situasi dan kondisi di lapangan,” ucap Iman.

Polres Bogor akan menambah kekuatan dengan bantuan dari Polda Jawa Barat apabila terjadi lonjakan kendaraan di kawasan Puncak.

“Sesuai dari arahan Kapolda tadi juga personil dari polda akan di back-up-kan ke Polres Bogor apabila dibutuhkan penambahan kekuatan untuk pengaturan lalu lintas,” kata Iman.

Sebagai informasi, di kawasan Puncak terjadi kemacetan arus lalu lintas selama berjam-jam pada Minggu (27/2) kemarin.

Polisi menyebutkan kemacetan terjadi karena volume kendaraan meningkat dari biasanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/01/184100215/antisipasi-kemacetan-jalur-puncak-pemotor-nakal-bakal-ditindak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke