Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 4 Titik Kemacetan di Puncak Bogor

Kawasan yang terletak di Jawa Barat tersebut sudah menjadi langganan kemacetan saat masa liburan panjang, seperti liburan akhir pekan lalu.

Meskipun kemacetan jalur Puncak telah menjadi tradisi, namun hal ini tidak menyurutkan para pengendara motor atau mobil untuk pergi ke sana. Ada beberapa titik yang dikenal sebagai pusat termacet jalur Puncak.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan jika beberapa jalan di jalur puncak memiliki jalan yang sempit sehingga menjadi pusat kemacetan.

“Di Jalur Puncak sepanjang 22 kilometer ini ada beberapa titik jalan yang alami penyempitan. Inilah yang menjadikan tersebut dikenal titik-titik macet di Puncak,” kata Dicky baru-baru ini pada Kompas.com.

Dicky menyebutkan, titik kemacetan pertama di jalur Puncak ada di jalur Pasir Muncang. Ini adalah jalur alternatif yang berada di depan lampu merah Gadog.

Kemacetan tersebut dipicu karena ada empat jalur yang menjadi dua jalur saat di persimpangan. Oleh karena itu lalu lintas di kawasan tersebut menjadi padat dan macet.

Kemudian titik kemacetan kedua di jalur Puncak ada di simpang jalan Megamendung. Kemacetan ini dikarenakan jalur tersebut lebih kecil dan sempit dari lebar jalan sebelumnya. Akibatnya, ada penyempitan jalan saat lalu lalang kendaraan yang keluar masuk.

Titik macet yang ketiga adalah pasar Cisarua. Jalan yang sempit dan aktivitas sekitar yang sibuk, baik itu dari transportasi umum dan kegiatan pasar yang ramai membuat jalan ini selalu menjadi zona macet.

Titik yang keempat adalah Taman Safari. Sebagai destinasi wisata utama di kawasan Puncak, Taman Safari menjadi tujuan banyak orang. Ada banyak kendaraan yang keluar masuk objek wisata tersebut, bahkan jumlahnya akan meningkat saat hari libur.

Titik macet itu sering terjadi di persimpangan jalan yang ada di jalur puncak. Saat kendaraan di jalan arteri atau jalan utama sedang turun atau naik akan keluar, maka menimbulkan ruang jalan yang kerap kendaraan lain makan atau ambil. Oleh karena itu ada perlambatan di titik tersebut

“Upaya kami ialah menempatkan personil di setiap persimpangan. Total persimpangan di jalur Puncak ada 23 persimpangan. Masing-masing persimpangan akan ada dua orang personil kami yang bertugas menertibkan lalu lintas disana,” imbuh Dicky.

Dicky juga menyatakan jika titik-titik kemacetan di jalur Puncak sering terjadi saat tanggal merah dan akhir pekan. Jika hari biasa tidak terlalu padat karena volume kendaraan yang keluar masuk tidak terlalu besar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/01/142100115/ini-4-titik-kemacetan-di-puncak-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke