Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tabrakan Mobil dengan Bus, Jangan Menyalip di Tikungan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalan antar provinsi di Indonesia memang beragam, ada yang luas dan tidak sedikit yang sempit. Selain itu, jalanan yang menghubungkan beberapa kota tersebut biasanya diisi banyak truk.

Ketika sedang berjalan, laju truk memang sedikit lambat dibanding kendaraan lainnya sehingga kerap menghalangi. Namun, untuk menyalip kendaraan lain, pastikan dilakukan di tempat yang aman, bukan di tanjakan dan tikungan.

Jika memaksakan menyalip kendaraan di tikungan, kemungkinan kecelakaannya sangat tinggi. Hal ini bisa terlihat jelas pada video yang diunggah akun romansa sopir truck di Instagram beberapa waktu lalu.

Pada video tersebut, terlihat Kijang Innova yang ikut iring-iringan truk saat mau menyusul kendaraan yang lebih lambat. Ketika berada di jalur lawan, datang bus dari arah atas dan karena tidak bisa menghindar, bagian belakang bus menyerempet Innova.

Menanggapi kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, para pengemudi yang menyalip beriringan tadi nampak takut kehilangan momentum, sehingga bahaya seperti gagal menanjak diabaikan.

“Menyusul mobil besar itu blind spot-nya besar, harus dilakukan dari jarak jauh supaya mengurangi risiko tabrakan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Maksud dari blind spot di sini adalah jalanan di depan tidak terlihat karena dimensi truk yang panjang dan besar. Selain itu, menyalip di tikungan akan menambah titik buta, sehingga semakin berbahaya.

“Mendahului di tikungan dan tanjakan itu bodoh. Tidak disarankan karena blind spot-nya besar akibat sudut tikungan,” kata Sony.

Sehingga, kendaraan yang datang dari arah berlawanan tidak terlihat. Ini bisa terbukti dari Innova yang tidak bisa manuver ke mana-mana ketika di depannya datang bus.

“Lebih baik mendahului di spot yg aman, memang butuh kesabaran tapi terhindar dari kecelakaan yang bisa menghambat perjalanan dan merugikan,” ucapnya.

Tempat yang aman untuk mendahului adalah jalanan datar, lurus, dan sepi atau ada ruang. Pastikan melihat kondisi jalan di depan mobil yang mau disusul agar bisa kembali ke jalurnya dengan aman.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/23/102200715/tabrakan-mobil-dengan-bus-jangan-menyalip-di-tikungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke