Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Street Race, Polisi Sebut Ajang Balap Liar Mulai Berkurang

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo menyebut saat ini sidak ada lagi laporan dari masyarakat mengenai balap liar illegal di jalanan setelah digelarnya ajang street race, Minggu (16/1/2022) lalu.

Data tersebut diperolehnya selama Desember 2021 sampai pekan ketiga Januari 2022 untuk wilayah DKI Jakarta. Diharapkan, kondisi terkait terus bertambah luas hingga balap liar hilang.

"Setidaknya mulai Desember 2021-Januari 2022 kami belum ada laporan lagi balapan liar di jalanan," kata dia dalam keterangannya, Rabu (19/1/2022).

Sambodo juga mengatakan bila titik rawan balap liar tidak ditemukan lagi sejak adanya street race. Inilah faktor utama yang menyebabkan laporan yang diterima kepolisian menyusut.

"Di lokasi yang selama ini kami tengarai ada balapan liar sepertinya juga sudah agak jauh menurun," kata dia.

"Kalau ini jalan terus, insyaallah balap liar bisa kita hilangkan," lanjutnya.

Dalam kesempatan terpisah, Sambodo juga menyatakan alasan lain dari turunnya pelaku balap liar di DKI Jakarta. Khususnya untuk malam hari usai terhelatnya ajang street race.

Untuk diketahui, balap legal atau street race yang diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya baru saja dihelat di kawasan Ancol pada pekan lalu. Sebanyak 350 pembalap atau joki meramaikan acara.

“Mungkin mereka lama-lama malu sendiri. Dan kalau masih ada yang balapan liar, nanti mereka bisa di-bully sama komunitasnya sendiri. Jadi, ya sudah enggak usah balapan liar, sudah disiapkan kok sama Polda,” kata dia.

Dalam upaya meningkatkan efektivitas dalam mengurangi prilaku balap liar, Polda Metro Jaya berencana memperluas jangkauan helatan street race.

Pada bulan depan misal, sudah ada dua wilayah yang diperkirakan akan menyelenggarakannya yaitu Tangerang Selatan dan Bekasi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/20/141338615/ada-street-race-polisi-sebut-ajang-balap-liar-mulai-berkurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke