Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Pentingnya Segera Mencuci Mobil yang Kehujanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia tengah memasuki musim hujan dengan intensitas cukup tinggi. Bahkan dalam kawasan tertentu, kondisi itu disertai oleh angin kencang.

Bagi pemilik atau pengemudi yang masih aktif beraktifitas bersama mobil, diimbau untuk mengetahui berbagai aspek berkemudi di curah hujan agar menghindari masalah-masalah tertentu.

Salah satunya keharusan mencuci mobil agar potensi dampak yang timbul bisa tereduksi, terkhusus dari sektor eksteriornya.

"Air hujan yang dibiarkan mengering sendiri dan terus berulang membuat bodi dan kaca rentan timbul jamur," kata Pronanda Sultan selaku Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (9/12/2021).

"Hal ini dikarenakan kandungan PH atau tingkat keasaman yang terdapat di air hujan berbeda dengan air tanah, sehingga dapat menyebabkan jamur pada kaca maupun bodi kendaraan jika tidak segera dibersihkan," lanjut dia.

Memang terdengar agak merepotkan, tapi keuntungan dari segera mencuci mobil atau membilas mobil sehabis hujan akan nyata terasa dalam waktu singkat. Sebab, bodi mobil terhindar dari jamur.

Saat melakukan proses pencucian atau membilas mobil setelah terguyur hujan, pastikan menggunakan air yang bersih atau bukan air tampungan hujan.

Hal tersebut guna sekalian mengikis kotoran yang menempel selama perjalanan. Pilih juga shampo khusus mobil dengan kualitas terbaik.

"Walau murah, jangan pernah menggunakan sabun cuci piring untuk cuci permukaan bodi mobil Anda, sebab dapat berdampak pada keawetan cat yang dapat menurun," kata dia.

Setelah mobil disabuni merata, ulangi lagi proses menyiram atau bilas seluruh permukaan bodi dari atas sampai bawah dengan air bersih. Pastikan tak ada sisa busa sabun yang tersisa.

Setelah itu, pemilik atau pengendara wajib mengeringkan seluruh permukaan bodi mobil, kaca, grill, bumper, dan lainnya di eksterior mobil. Pilih lap chamois berukuran besar untuk proses pengeringan tersebut.

"Jika tidak rajin cuci mobil di musim hujan seperti sekarang maka siap-siap saja bodi mobil akan kusam karena terdapat jamur dari hasil air hujan yang mengering," katanya lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/09/184100015/alasan-pentingnya-segera-mencuci-mobil-yang-kehujanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke