Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mubazir, Enggak Perlu Angkat Wiper Saat Parkir

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kebiasaan yang dilakukan orang ketika mobilnya parkir dalam waktu lama adalah dengan mengangkat wiper. Hal ini diasumsikan bisa membuat wiper awet dan tidak tertekuk karena menempel kaca.

Namun sebenarnya, kebiasaan ini tidak perlu dilakukan, jadi saat mobil parkir, biarkan saja wiper ditempatnya, tidak perlu diangkat. Bahkan ada beberapa kerugian yang bisa dialami pemilik kendaraan jika mengangkat wipernya.

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia mengatakan, kalau wiper yang digunakan sudah berkualitas, sebenarnya tidak perlu lagi diangkat saat parkir. Karet yang digunakan juga sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia.

“Jadi tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil. Jadi enggak perlu lagi diangkat-angkat,” ucap Kayla dalam acara Bosch Bengkel Talks, Kamis (4/11/2021).

Selain itu, ada risiko lain yang bisa dialami ketika wiper diangkat saat parkir. Misalnya ketika wiper tersenggol, bisa langsung jatuh menabrak kaca, efeknya, per wiper dan kaca depan bisa rusak.

“Kemudian kalau diangkat dalam waktu yang lama, per wiper arm yang menegang pada akhirnya bisa rusak juga,” kata Kayla.

Jadi sudah tidak perlu lagi mengangkat wiper saat mobil parkir, baik indoor maupun di luar ruangan. Pilih wiper dengan kualitas yang baik serta ganti secara rutin satu tahun sekali.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/07/100100115/mubazir-enggak-perlu-angkat-wiper-saat-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke