Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Kustom Pelek Mobil Sesuai Selera Konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak cuma terbatas pada stok pelek yang tersedia di pasaran, memasang pelek mobil yang dibuat berdasarkan preferensi pribadi si pemilik mobil alias pelek kustom tentu membuat tampang kendaraannya makin nampak beda.

Direktur marketing HSR Wheel Hendra Wijaya mengatakan, memiliki pelek limited edition alias satu-satunya di Indonesia bahkan dunia bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan saat ini.

“HSR Wheel saat ini menyediakan custom wheel dengan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing inividu. Mulai dari request desain model baru, ukuran khusus, hingga ukir nama,” ucap Hendra dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

“Custom Wheel HSR dibuat dengan teknik forging yang menggunakan bahan alumunium berkualitas. Jadi selain mendapatkan pelek dengan desain custom, mereka juga bisa mendapatkan kualitas pelek yang kuat dan juga kokoh,” ujarnya melanjutkan.

Teknik forging sendiri merupakan proses pembuatan pelek yang paling rumit dengan menggunakan teknologi CNC untuk membantu proses pencetakannya. Bongkahan alumunium berkualitas dan padat akan dipahat secara akurat mengikuti desain yang diinginkan.

Salah satu custom wheel yang sedang diproduksi oleh HSR Wheel datang dari salah satu petrolhead pecinta Cambergang, Haruns Maharbina. Haruns memilih pelek dengan konstruksi 3 piece yang dikolaborasikan dengan desain miliknya sendiri dan juga beberapa sentuhan aksen yang diinginkan.

Haruns meminta penambahan aksen inisial namanya yang disingkat jadi “HRN” untuk diukir di bagian mesh pelek. Lalu ia meminta bagian ujung palang pada mesh dibuat sedikit lebih maju agar lengkungan concave bisa lebih maksimal. Guna menonjolkan kesan klasik, Haruns menginginkan pelek dipasangi aksen rivet.

Ia juga melakukan request kepada tim HSR agar peleknya diproduksi dengan spesifikasi diameter 19 inci, lebar 11, dan offset 30 untuk roda depan. Sedangkan untuk roda belakang, Haruns meminta peleknya memiliki spesifikasi diameter 19 inci, lebar 12,5, dan offset 40.

Spesifikasi pelek tersebut Haruns sesuaikan dengan kebutuhannya agar tampilan mobil semakin padat. Rencananya, pelek ini akan dipasangkan pada mobil kesayangannya, Mercedes SL 65.

Dengan beberapa permintaan tersebut, tim Research & Development (R&D) HSR Wheel membantu memvisualisasikan dalam bentuk 3D agar Haruns bisa mendapatkan gambaran pada saat pelek sudah jadi nanti.

“Sudah ratusan revisi yang dilakukan dalam proses pembuatannya, bahkan untuk menentukan posisi inisial nama saja beberapa kali harus revisi. Tim kami sabar dan mau diajak berdiskusi untuk menentukan desain dan juga spesifikasi yang cocok,” tulis Haruns pada akun Instagramnya @harunsmaharbina.

Seluruh custom wheel yang sudah diproduksi berdasarkan permintaan bisa dilihat secara langsung melalui akun Instagram @hsrforged.

Dengan adanya produk pelek yang bisa dibuat berdasarkan permintaan ini, maka HSR Wheel pun menyediakan layanan desain pelek gratis agar bisa mendapatkan gambaran secara tiga dimensi.

“Iya, kita juga bisa bantu desainkan model pelek yang diinginkan. Entah itu dari ukuran, warna, jumlah palang, hingga penambahan aksen nama semuanya akan kita buat secara 3D dan gratis. Ini dilakukan untuk membantu calon customer agar bisa mendapatkan gambaran peleknya pada saat sudah jadi nanti,” ucap Hendra Wijaya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/09/172020915/bisa-kustom-pelek-mobil-sesuai-selera-konsumen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke