Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Pengendara Trail Bertemu Macan | Harga Dasar dan Varian Xenia Generasi Baru Bocor

JAKARTA, KOMPAS.com – Hobi naik motor trail makin gandrung beberapa tahun terakhir. Kegiatan yang kerap disebut terabasan itu biasa mencari jalur ekstrem di hutan dan gunung.

Dalam video yang diunggah akun TikTok sijunedtea ada kejadian menarik di mana sekumpulan off roader bertemu dengan hewan buas yang diduga sebagai harimau.

Sayang saat kehadiran binatang yang disebut harimau itu muncul gambar dalam video berubah jadi hitam putih, sehingga detail apakah itu harimau, macan atau kucing hutan kurang jelas.

Selain itu, belakangan rumor kehadiran Toyota Avanza baru mulai menguat. Sejalan dengan itu, kabar kemunculan Daihatsu Xenia baru pun ikut terkuak.

Hal ini terdeteksi dari dokumen Permendagri No 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 26 September 2021:

1. Video Pengendara Trail Bertemu Macan di Jalur Off Road

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, terabasan masuk hutan memang punya peluang besar bertemu dengan binatang buas.

"Kita mesti mengetahui juga karakter hutan hujan topis, paling banyak di Indonesia itu ular. Kalau harimau di Jawa tidak ada, kecuali Sumatera. Terus ada kawan di Riau berhadapan dengan gajah, mereka (gajah) malah mendatangi kalau mendengar berisik dan terusik," kata Jusri kepada Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

Jusri yang mengatakan pernah bertemu dengan ular dan kucing hutan saat terabasan mengatakan, pada dasarnya binatang segan mendatangi manusia jika mendengar suara berisik.

2. Selain Avanza, Harga Dasar dan Varian Xenia Generasi Baru Juga Bocor

Dalam dokumen tersebut terlihat bahwa mobil yang diduga Xenia terbaru bakal tersedia dalam dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Untuk Xenia bermesin 1.300 cc diberi kode W100RG, kemudian tersedia dalam varian 1.3 M M/T, 1.3 X M/T, 1.3 X CVT, 1.3 R M/T, dan 1.3 R CVT.

Sementara mesin 1.500 cc dengan kode W101RG terdiri dari 1.5 R M/T, 1.5 R CVT, dan 1.5 R CVT ASA.

3. Update Toyota Fortuner 2.800 cc, Bocoran Harga Dasar dan Varian

Peluncuran Toyota Fortuner berkapasitas mesin 2.800 cc tampaknya tak lama lagi. Kabar terbaru, Fortuner varian ini sudah masuk dalam dokumen pemerintah yang menampilkan varian dan harga dasar sebelum pajak.

Tepatnya pada Permendagri No 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut terlihat bahwa Fortuner 2.800 cc bakal tersedia dalam dua tipe, yakni VRZ 4x2 AT dan VRZ 4x4 AT.

4. Ini 3 Titik Penyekatan Ganjil Genap Margonda Depok

Skema ganjil genap di Jalan Margonda Raya telah diwacanakan Pemerintah Kota Depok dan Polres Metro Depok untuk diterapkan pada Oktober 2021 mendatang.

Dalam penerapannya, direncanakan akan ada tiga titik penyekatan sebagai fokus pemantauan pelat nomor kendaraan yang melalui Jalan Margonda Raya. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

"Di sisi utara, penyekatan di Jalan Raya Lenteng Agung dan Komjen M Jasin. Di timur di U-turn Juanda 1 atau akses ramp-off Tol Cijago. Di selatan di Simpang Ramanda, dialihkan ke Jalan Arif Rahman Hakim," ungkap Ari Manggala, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Depok dilansir dari Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

5. Sepeda Listrik Harley Ludes Cuma Seminggu

Belum lama ini Harley-Davidson lewat perusaahaan rintisan meluncurkan sepeda gowes listrik atau e-Bike bertampang jadul dengan nama Serial 1 Mosh.

Mengutip Electrek, rupanya sepeda listrik ini meraup sukses besar di pasar. Hanya seminggu setelah peluncuran sepeda yang dikenal dengan nama Mosh/Tribute ini hampir ludes terjual.

Serial Mosh/Tribute dijual terbatas dan dipasarkan dengan harga Rp 84 jutaan di Amerika Serikat. Lebih mahal Rp 28 jutaan dibandingkan Mosh/City yang menjadi basisnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/27/060200215/-populer-otomotif-pengendara-trail-bertemu-macan-harga-dasar-dan-varian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke