Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bio Lab Bus, Laboratorium Bergerak Rakitan Karoseri Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu perusahaan karoseri di Indonesia, Laksana berinovasi dengan program Laksana Individual. Program ini merupakan pembuatan bus dengan konsep individual atau pesanan khusus.

"Jadi konsep busnya tidak seperti bus biasanya. Jadi bisa dibuat menjadi food bus, camper bus, home bus, bus tambang, semua yang memerlukan desain khusus," ungkap Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain food bus yang digarap sebagai bentuk kerjasama dengan ACT, sebelumnya Laksana telah merakit bus dengan konsep laboratorium yang bisa berpindah-pindah tempat.

Berkolaborasi bersama PT Duta Cemerlang Motor (Hino) serta Merapi dan Vinadia (Laboratorium), laboratorium bergerak yang dinamai Bio Lab Bus sukses dirakit. Tujuannya sebagai laboratorium biologi untuk daerah-daerah terpencil.

Di atas kertas, Bio Lab Bus dirakit menggunakan bodi Tourista dengan lampu belakang model Nucleus. Bodi ini dipasang pada sasis Hino FC.

Werry mengatakan, pintu belakang Bio Lab Bus didesain berbeda dari bus pada umumnya. Ini karena pintu tersebut difungsikan sebagai jalan masuk ke laboratorium yang dibuat kedap dan dijaga kesterilannya.

Menilik dalam kabinnya, dibuat beberapa ruang yang disekat. Ruang pertama adalah ruang klinik asisten pada bagian depan. Ruang ini merupakan tempat duduk dan istirahat pada saat menempuh perjalanan. Ruang ini juga dilengkapi chiller sebagai tempat penyimpanan vaksin jika diperlukan untuk kebutuhan vaksinasi.

Selanjutnya terdapat Changing Room. Ruangan ini digunakan untuk para tenaga medis berganti pakaian dengan alat pelindung diri (APD) lengkap sebelum bertugas.

Selanjutnya, ada ruang antara yang dirancang menggunakan interlock system. Sistem ini membuat hanya ada satu pintu yang bisa dibuka dan pintu lainnya terkunci otomatis. Diharapkan sistem ini bisa mencegah kontaminasi di dalam laboratorium.

Berikutnya terdapat Extraction Room. Ruangan ini dirakit sesuai dengan standar Bio Safety Laboratory Level II (BSL-II). Dipasang pula sistem tata udara yang dilengkapi HEPA filter.

Terakhir adalah PCR Room. Ruangan ini difungsikan sebagai tempat untuk melakukan analisis PCR secara real-time.

Werry mengaku perakitan bus ini lebih kompleks dari bus-bus yang selama ini dibuat untuk kebutuhan angkutan penumpang pada umumnya. Ada standar-standar yang harus dipatuhi dalam membuat Bio Lab Bus.

“Proses pembuatan bus Bio Laboratorium ini cukup kompleks karena banyak faktor yang perlu diperhitungkan sesuai standar pembuatan laboratorium,” ungkapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/30/111200415/bio-lab-bus-laboratorium-bergerak-rakitan-karoseri-laksana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke