Salin Artikel

Toyota Ingatkan Lagi Penggantian Inflator Airbag, Ini Daftarnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia terus mengingatkan para konsumen atau pemilik kendaraan terkait untuk memeriksa inflator kantung udara (airbag) agar menambah keamanan dan kenyamanan saat berkemudi.

Pasalnya, bagian tersebut harus diperbaiki karena potensi masalah serius, setelah distributor atau vendornya mengumumkan terdapat kendala dalam proses produksi.

Namun tidak semua produk memerlukan penggantian inflator, hanya produksi dan nomor rangka tertentu saja.

Di antaranya, Camry 2002-2004, Vios 2006-2013, Corolla 2001-2013, Yaris 2006-2013, Nav1 2012-2016, dan Alphard 2010-2014.

"Kenapa penggantian ini penting? Hal tersebut terkait dengan fungsi kantung udara itu sendiri sebagai piranti keselamatan. Lebih jauh, untuk mencegah kemungkinan terjadinya serpihan logam keluar saat airbag mengembang," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Sabtu (18/7/2021).

Sebab, lanjut dia, kondisi tersebut dapat menyebabkan cedera serius pada pengguna kendaraan hingga menyebabkan hilangnya nyawa.

Kampanye ini merupakan salah satu upaya Toyota untuk selalu memastikan kendaraan para customer berada pada standar keselamatan yang tinggi.

Sehingga, seluruh penggantian ditanggung pihak produsen alias tanpa dipungut biaya tambahan dari konsumen atau penggunanya.

"Untuk mengetahui apakah mobil Anda masuk ke dalam unit yang perlu diganti airbag inflator-nya cek di http://ssc.toyota.astra.co.id/. Setelah masuk situsnya maka silakan masukkan nomor rangka mobil Anda," kata Imansyah.

Diketahui, program bertajuk Special Service Campaign (SSC) ini sudah dilakukan sejak 2015, dengan memanggil konsumen melalui surat dan ini terus aktif menginformasikan, baik melalui saluran komunikasi seperti media massa hingga situs resmi Toyota.

Sepanjang 2017 lalu, seperti dilansir situs resmi Toyota, TAM terus mengingatkan efektivitas dengan melibatkan 320 jaringan Toyota di Indonesia, guna memastikan pelanggan yang terlibat, segera melakukan pemeriksaan dan penggantian kantung udara jika diperlukan.

Hingga akhir April 2018, tercatat 14.918 unit yang telah diperbaiki inflator airbag-nya di bengkel resmi Toyota," tulis Toyota.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/18/104100515/toyota-ingatkan-lagi-penggantian-inflator-airbag-ini-daftarnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.