Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Sering Hujan, Pahami Cara Aman Melewati Jalan Rusak dan Berlubang

Tak jarang pengendara motor sampai terjatuh karena menghantam lubang yang tertutup genangan air.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, jalan rusak dan berlubang memang sudah menjadi masalah yang tidak ada habisnya.

Kurangnya kesadaran pengguna jalan untuk menjaga fasilitas menyebabkan masyarakat harus menerima kondisi tersebut, terutama berdampak bagi pengguna kendaraan bermotor.

Meski demikian, menurut Sony ada dua faktor yang harus dipahami ketika melewati jalan rusak dan berlubang. Pertama dari sisi pengendara. Kemampuan pengendara sepeda motor dalam berkendara sangat berpengaruh besar.

“Jika pengendara sudah hafal jalan dan lokasi lubang, ia akan lebih mudah menghindar dan meminimalisir gejala hilang keseimbangan. Sehingga tidak akan terjadi hal yang terlalu fatal,” ujar Sony kepada Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Kedua dari sisi kendaraan. Ketika mendadak harus melewati lubang, sebaiknya setelah itu perhatikan komponen kendaraan yang dapat rusak akibat hal tersebut.

“Seperti ban, shockbreaker, kelistrikan dan komponen lainnya. Karena jika ternyata ada kerusakan tentu ini akan menjadi bahaya bagi pengemudi di kemudian harinya” kata Sony.

Selain itu, menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya di jalan raya menjadi hal yang harus diperhatikan terutama jika pengemudi dihadapkan dengan kondisi seperti ini.

“Ketika menemukan jalan rusak atau lubang di jalan, pengemudi motor masih memiliki waktu untuk menghindar sehingga tidak perlu bersinggungan dengan kendaraan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu cek spion dan memastikaan keadaan sekitar aman,” ucapnya.

Jalan yang rusak biasanya semakin diperparah oleh pengemudi yang menerabas dengan kasar. Oleh karena itu Sony berpesan ketika dijalan sebaiknya berekendaralah dengan terukur dan akal sehat, yaitu kecepatan yang rendah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/063900515/mulai-sering-hujan-pahami-cara-aman-melewati-jalan-rusak-dan-berlubang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke