Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Cara Berkendara Motor Matik ABS dan CBS Berbeda

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik merupakan jenis motor yang paling diminati di Indonesia. Berbagai model dan jenis ditawarkan oleh produsen kendaraan dengan keunggulannya masing-masing, mulai fitur canggih sampai penggunaan teknologi.

Dengan berkembangnya teknologi, untuk saat ini motor matik sudah dibekali dengan fitur keselamatan berkendara. Salah satunya sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan juga Combi Brake System (CBS).

Sekarang pertanyaannya, apakah adanya perbedaan teknologi pengereman ini membbbuat cara berkendara juga berbeda?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, sebenarnya tidak ada perbedaan cara penggunan sepeda motor matik dengan rem ABS maupun CBS.

"Kalau cara berkendara sebenarya sama saja, itu hanya berbeda soal pengereman. Jadi secara handling, secara manuver itu sama saja," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Agus menjelaskan, pada saat menggunakan motor matik ABS dan CBS akan sangat terasa berbeda pada saat melakukan pengereman terutama pada ABS. Pada sistem pengereman ABS,  saat pengendara menekan rem sekuat tenaga maka ban tidak akan mengunci sehingga tidak terjadi selip.

"Berbeda dengan sistem CBS ketika kita menarik rem sekuat tenaga, akan ada kemungkina ban belakang akan terkunci. Jadi pengereman akan lebih stabil untuk sistem ABS," ucap Agus.

Untuk melakukan pengeraman pada motor matik sebenarnya sama saja. Pengendara harus menutup gas terlebih dahulu secara penuh kemudian menarik handle rem dengan empat jari. Hal itu akan memepermudah untuk menghentikan laju kendaraan.

"Supaya pengereman lebih efektif sebaiknya dilakukan penarikan handle rem secara bersamaan supaya kendaraan tidak ngebuang ke kanan atau ke kiri. Dalam pengereman, penekanan rem sangat penting sehingga ada sistem CBS yang jika kita menarik rem belakang 50 persen lebih kuat maka rem depan juga akan ikut ngerem," kata dia.

Teknik pengereman yang baik menurut Agus yakni dengan menarik handle rem bersamaan sehingga komposisi rem depan dan belakang seimbang. Pasalnya, banyak pengguna motor matik yang mengalami kecelakaan tunggal akibat salah melakukan teknik pengereman.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/25/090200615/apakah-cara-berkendara-motor-matik-abs-dan-cbs-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke