Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Yamaha YZF-R7 Meluncur, Muncul juga R9M

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Yamaha sudah meluncurkan YZF-R7 yang merupakan generasi penerus dari YZF-R6. Tak lama, muncul juga YZF-R9M.

YZF-R7 dibuat dengan basis dari mesin MT-07. Mesin yang digunakan adalah mesin Crossplane 2-silinder (CP2).

Dikutip dari Rideapart.com, Kamis (20/5/2021), diler Venezia Moto Yamaha di Veneto, Italia, membuat motor sport dengan spesifikasi balap yang dinamainya dengan YZF-R9M.

Dari namanya sudah bisa ditebak, motor ini dibangun dari basis Tracer 900 GT yang memiliki rangka dan mesin yang sama dengan MT-09. Mesinnya mengandalkan Crossplane 3-silinder (CP3) dengan kapasitas 847 cc.

Jacopo Marzaro, sang mekanik, membuat tampilan motor sport dengan membuat subframe yang baru dan meningkatkan suspensinya. Sekarang, suspensi depannya mengandalkan Ohlins punya, begitu pula dengan monosoknya.

Dengan bantuan dari knalpot Akrapovic dan modifikasi pada ECU, tenaganya terdongkrak dari 115 tk menjadi 140 tk. Untuk mengimbangi tenaganya, Marzaro menyematkan kaliper rem Brembo GP4 RX.

Agar bobotnya semakin berkurang, Marzaro juga menggunakan satu set pelek OZ Racing yang dibalut dengan karet bundar dari Pirelli dengan tipe slick.

Selain spesifikasinya, fairing dan livery yang digunakan juga mencuri perhatian para pencinta motor sport Yamaha. Marzaro memilih untuk menggunakan livery speed block dengan kombinasi warna merah dan hitam.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa biaya yang dihabiskan untuk membangun motor balap ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/21/090200515/setelah-yamaha-yzf-r7-meluncur-muncul-juga-r9m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke