Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik di Tol Trans-Sumatera

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memprediksi akan terjadi lonjakkan arus lalu lintas pada ruas tol Trans Sumatera usai memasuki periode libur Lebaran pada hari ini, Minggu (16/5/2021).

Pasalnya, sebagaimana dijelaskan oleh EVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo, kegiatan perkantoran akan kembali dimulai pada Senin (17/5/2021) mendatang.

"Kami memprediksi lonjakkan arus lalu lintas akan terjadi pada Minggu, 16 Mei 2021," kata dia dalam keterangan tertulis.

Menurut Tjahjono, selama arus mudik Lebaran 2021 ini, Hutama Karya mencatat sejak 12 Mei 2021 hingga 14 Mei 2021 terdapat sebanyak 186.536 kendaraan melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Total kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Ruas Palembang–Indralaya, Ruas Medan-Binjai, Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 dan 4.

Hanya saja dirinya belum bisa menyebut secara pasti perkiraan jumlah volume kendaraan yang bakal kembali ke wilayah Jabodetabek. Sebab, beberapa pemudik telah kembali dari Sumatera jelang akhir pekan.

Dalam kesempatan sama, Tjahjono juga menyebut bahwa meski ada pelarangan mudik Lebaran 2021, Hutama Karya tetap siaga memberikan pelayanan optimal bagi seluruh pengguna jalan tol yang diperbolehkan melintas.

Hal ini juga membuat para petugas jalan tol yang tidak dapat mudik merayakan hari lebaran tidak dengan keluarga namun bersama tim cabang tol masing-masing.

"Pada prinsipnya, Hutama Karya mendukung sepenuhnya arahan dari Pemerintah terkait larangan mudik. Namun, Hutama Karya tetap siaga memberikan pelayanan optimal bagi pengguna jalan yang masih diperbolehkan melintas," katanya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan pada sistem tertutup.

Tak lupa, memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/16/184040415/hari-ini-diprediksi-puncak-arus-balik-di-tol-trans-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke