Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rush Kebut-kebutan di Jalan, Berakhir Terperosok di Tikungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi kebut-kebutan oleh pengemudi mobil terjadi lagi. Kali ini pengemudi Toyota Rush melakukan aksi tersebut saat kondisi jalan sepi pada malam hari.

Cuplikan video aksi kebut-kebutan tersebut diunggah oleh akun instagram @indocarstuff pada Rabu (14/4/2021).

Pada akhir video, terlihat pengemudi Rush hilang kendali di jalanan menikung dan terperosok hingga menabrak tiang.

Kondisi jalan yang sepi memang sering dijadikan sebagai ajang kebut-kebutan. Padahal hal tersebut berbahaya karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

“Bagaimana pun jalan sepi itu adalah ruang publik. Hal ini memberikan peluang terjadinya kecelakaan fatal,” kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri mengatakan, beberapa kecelakaan fatal justru terjadi saat kondisi jalanan lengang. Sebab yang berpikir jalanan aman bukan hanya kita, tapi juga pengguna jalan lain.

“Lihat kecelakaan fatal yang terjadi dalam situasi sepi. Sepi justru berbahaya karena orang lain juga akan menganggap jalanan sepi dan tiba-tiba mereka melintas," kata Jusri menambahkan.

Pengemudi mobil maupun pengendara sepeda motor tidak bisa asal memacu kendaraan. Peraturan itu diatur pada UU no 22 tahun 2009 tentang LLAJ pada Pasal 21.

Dalam peraturan tersebut disebutkan setiap jalan memiliki batas kecepatan paling tinggi yang ditetapkan secara nasional. Namun juga tergantung dari di kawasannya.

Selain itu, dalam UU no 22 tahun 2009 LLAJ juga disebutkan mengenai larangan mengemudi ugal-ugalan termasuk balapan mobil atau sepeda motor di jalan raya pada Pasal 115.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/14/182100115/rush-kebut-kebutan-di-jalan-berakhir-terperosok-di-tikungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke