Salin Artikel

Bus Baru PO PMH, Pakai Bodi Laksana dan Lampu Sorot

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa pandemi Covid-19 bisa dikatakan menjadi waktu yang sulit bagi Perusahaan Otobus (PO). PO bus tentu mengalami pengurangan jumlah penumpang, sehingga pendapatannya pun menurun.

Namun di masa sulit ini, beberapa PO bus tetap melakukan pembaruan pada armadanya. Misalnya seperti yang dilakukan PO Pengangkutan Motor Horas (PMH) yang baru saja merilis dua bus baru dari karoseri Laksana.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, ada dua unit bus baru yang dirilis milik PO PMH.

“Bus milik PO PMH memakai bodi XHD Prime dan dipasang ke sasis Hino RK,” ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (10/4/2021).

Secara tampilan, bodi bus PMH didominasi dengan gabungan warna biru dan silver. Kemudian dari karoseri Laksana, dipasangkan dop pelek berwarna silver agar membuat tampilannya semakin elegan.

Selain itu, ada juga pemasangan lampu sorot di bagian depan dan lampu LED bar di balik kaca depan. Werry mengatakan kalau aksesori tambahan ini dibawa langsung oleh customer, Laksana hanya bantu pemasangannya.

Beralih ke bagian kabin, bus ini memiliki sekat depan yang memisahkan kabin pengemudi dan penumpang. Selain itu, disediakan juga toilet serta smoking room di kabin belakang bus.

Kemudian untuk kelas layanannya yaitu executive class yang menggunakan susunan kursi 2-2. Kursi yang digunakan adalah buatan Hai Rimba Kencana yang dibalut dengan kulit sintetis berwarna hitam dengan aksen biru serta dilengkapi armrest dan leg rest.

Hal ini dikarenakan berbagai PO bus di Sumatera kebanyakan lebih percaya dengan sasis buatan eropa, misalnya Mercedes Benz. Sehingga peredaran bus besar bermesin belakang sasis Hino memang tidak begitu banyak yang melayani trayek AKAP di sana.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/10/160100915/bus-baru-po-pmh-pakai-bodi-laksana-dan-lampu-sorot

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.