Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Penjualan Mobil Berpotensi Anjlok

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19, membuat pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali, terhitung 26 Januari sampai 8 Februari 2021.

Adanya PPKM tak hanya membatasi mobilitas masyarakat, tapi juga aktivitas perkantoran, termasuk penjualan mobil baru di diler yang wilayahnya terdampak regulasi tersebut.

Lantaran itu, beberapa agen pemegang merek (APM) memprediksi bila penjualan mobil di Januari 2021 akan turun dibandingkan bulan sebelumnya, ataupun pada Januari 2020.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, penjualan pada Januari umumnya memang turun dibandingkan Desember, tapi adanya PPKM yang membuat aktivitas diler melakukan pembatasan, bisa dipastikan penjualan makin turun.

"Kondisi diler Daihatsu mengikuti protokol kesehatan, hanya 25 persen yang masuk, sisanya bekerja dari rumah dengan komunikasi online, begitu juga untuk aktivitas dilakukan secara virtual," ujar Amel saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

"Penjualan Januari tanpa adanya PPKM memang cenderung droop dari Desember, tapi ditambah dengan penerapan PPKM yang juga diperpanjang, saya yakin penjualan bulan ini turun," kata dia.

Hal senada juga diucapkan Yusak Billy, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), yang menjelaskan tren penjualan di Januari sudah terlihat menurun sejak awal bulan.

Namun demikian, Billy berharap ke depan dengan adanya program vaksin yang sudah mulai berjalan menjadi sebuah titik terang.

"Melihat booking trend dua minggu ini memang lebih rendah dari periode yang sama bulan lalu. PPKM memang membatasi, tapi kami harap vaksin yang mulai berjalan bisa membuat kepercayaan masyarakat kembali beraktivitas mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan," ujar Billy.

Sementara itu, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan, efek PPKM memang berpotensi membuat penjualan mobil lebih turun di awal 2021. Tapi berapa persen penurunannya, belum bisa dipastikan karena masih ada beberapa hari lagi sebelum Januari berakhir.

"Akhir bulan nanti baru bisa dilihat turunnya bagaimana, tapi memang seperti waktu itu awal-awal penerapan PSBB dulu, karena dibatasi maka potensi penurunan (penjualan) pasti ada," kata Donny.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/23/101100715/ppkm-jawa-bali-diperpanjang-penjualan-mobil-berpotensi-anjlok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke