Salin Artikel

Kerikil Menempel pada Ban, Apa Benar Bisa Bikin Bocor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban menjadi satu-satunya komponen pada kendaraan bermotor yang langsung melakukan kontak fisik dengan aspal atau tanah.

Melihat fungsinya yang vital, maka pemilik sepeda motor atau mobil wajib melakukan perawatan. Terutama ketika melihat ada banyak kerikil yang menempel di alur permukaan ban.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, kerikil yang terselip pada permukaan ban bila dibiarkan bisa menjadi masalah, bahkan bisa membuat ban bocor.

“Batu kerikil memang terlihat sepele, tetapi kalau dibiarkan terus menerus menyelip di alur ban dalam keadaan mobil bergerak bisa menembus karet atau kompon permukaan ban. Akibat ban akan mengalami kebocoran udara,” ujar Zulpata belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Zulpata, ban ibarat sebagai alas kaki pada manusia. Saat ada kerikil yang menempel pada permukaan sepatu atau sendal tentu ketika berjalan tidak akan nyaman, begitu juga pada ban.

Zulpata mengingatkan para pemilik kendaraan untuk selalu melakukan pengecekan permukaan ban. Hal ini bisa dilakukan satu minggu sekali, atau pada saat sedang mencuci mobil.

“Cek kondisinya satu minggu sekali, paling mudah saat sedang mencuci mobil. Jika terdapat kerikil segera disingkirkan, caranya cukup mudah tidak harus ke bengkel khusus,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/24/104200915/kerikil-menempel-pada-ban-apa-benar-bisa-bikin-bocor-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.