Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Truk Hampir Celakai Pemotor, Bukti Kurangnya Kesadaran Risiko Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, tersebar video truk trailer yang mengemudi dengan ugal-ugalan. Video ini direkam oleh pengendara motor yang dihalangi jalannya saat ingin menyalip truk.

Jika diperhatikan, dalam video ini beberapa kali motor dihalangi jalannya, bahkan sampai hampir menabrak kendaraan lain dan ke tepi jalan. Ketika sudah menyalip truk, motor ini tetap dikejar secara agresif hingga akhirnya berhenti di pinggir jalan dan terjadilah cekcok.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, melihat perilaku pengemudi truk yang membahayakan, mencerminkan mereka ini orang yang tidak paham dengan aktivitas mengemudi serta bahaya dan risikonya.

“Bayangkan dia dengan sangat mudah memepet seseorang yang punya risiko untuk orang tersebut cedera atau kecelakaan bahkan mati. Dia begitu gampang tidak mengindahkan nyawa orang,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Kalau dibandingkan dengan luar negeri, permasalahan pengemudi angkutan komersial barang dan penumpang, memiliki jalur khusus dalam mendapatkan izinnya. Perlakuan ketika mendapatkan izinnya berbeda dengan pengemudi kendaraan pribadi.

“Mengingat risiko mereka terkait dengan kendaraan yang dikemudikan, besar sekali untuk mencederai orang. Sehingga mereka betul-betul termonitor, baik intelegensi, kesehatan, dan jam kerja,” kata Jusri.

Berbeda dengan di Indonesia, orang dari kenek lalu mengajukan SIM, bisa jadi pengemudi. Jusri mengatakan kejadian seperti ini sudah tidak aneh, misalnya bus yang saling menempel, bumper to bumper, sudah wajar terjadi.

“Kesadaran masyarakat dan stakeholder di jalan raya itu masih di bawah level standar. Kontribusi stakeholder terhadap keselamatan di jalan raya masih kurang, baik proses melahirkan pengemudi yang kompeten, sistem perusahaan dari recruitment dan penggajian,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/08/130100715/viral-video-truk-hampir-celakai-pemotor-bukti-kurangnya-kesadaran-risiko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke