Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kupas Riding Gear Khusus Pebalap MotoGP untuk Wet Race

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan dalam kondisi kering (dry race) dan basah (wet race) butuh penyesuaian. Bukan hanya penyesuaian dari segi teknis atau motor, tapi juga perlengkapan atau riding gear pebalap.

Saat hujan turun di lintasan, pebalap dan anggota tim harus bersiap menghadapi masalah yang kemungkinan besar akan terjadi saat balapan.

Dikutip dari Boxrepsol.com, ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, mulai dari helm, knee slider, kaca helm, sarung tangan, sepatu bot, dan baju balap.

1. Helm

Helm yang digunakan saat wet race memiliki lebih banyak ruang untuk ventilasi . Namun, hal ini tidak mengurangi dampak dari masalah lain, yang utamanya disebabkan oleh faktor manusia yang tidak dapat dihindari, yaitu pernapasan. Maka itu, helm memiliki masker yang mengarahkan udara yang dihembuskan ke bawah, menjauhi kaca helm.

2. Kaca Helm

Kisaran layar helm yang tersedia untuk cuaca hujan cenderung lebih cerah. Perangkat ini juga memiliki layar internal, terpisah dari yang utama, yang menciptakan ruang udara untuk menjaga suhu yang seimbang di dalam helm dan mengurangi kondensasi. Penting juga untuk menjaga permukaan tetap bersih dan kering dengan menggunakan proses perawatan khusus untuk membuat kaca helm kedap air dan mengurangi dampak hujan.

3. Knee Slider

4. Sarung Tangan

5. Sepatu Bot

6. Baju Balap

Penggunaan riding gear dalam kondisi wet race memperhitungkan pergeseran keseimbangan antara faktor-faktor seperti perlindungan, kenyamanan dan efektivitas. Pebalap harus beradaptasi dengan kondisi tersebut dan riding gear dirancang untuk membantu semua pebalap dalam proses adaptasi ini agar dapat memberikan yang terbaik selama balapan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/27/104200315/kupas-riding-gear-khusus-pebalap-motogp-untuk-wet-race

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke