Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daihatsu Rocky Sudah Uji Jalan di Indonesia?

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto yang menunjukkan suatu crossover kecil ditutup kamuflase berwarna putih tengah melakukan uji jalan di wilayah Jabodetabek ramai diperbincangkan oleh pecinta otomotif nasional, Sabtu (17/10/2020).

Pasalnya, tampang mobil berbentuk kotak dengan sirip ikan hiu (shark fin) tersebut sekilas mirip dengan Daihatsu Rocky. Mengingat, beberapa waktu belakangan Daihatsu Indonesia kerap memberikan sinyal untuk menghadirkannya.

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, Rocky mampu mendapatkan permintaan yang memuaskan di negara asalnya meski ada tekanan terhadap daya beli di tengah pandemi Covid-19.

Tapi sekalipun mobil yang dimaksud benar adalah Rocky, perkiraan paling kuat kendaraan gagah dan mungil tersebut akan melantai di Indonesia pada 2021.

Sebab para petinggi Daihatsu Indonesia sebelumnya telah menegaskan bahwa tidak akan menghadirkan produk baru sepanjang tahun ini. Mereka ingin fokus terhadap jaringan dan model yang ada lebih dahulu.

Rocky sendiri mulai dijual di Jepang pada 5 November 2019 bersama dengan kembarannya, Toyota Raize. Mobil menggantikan model lawas yang dikenal Daihatsu Vigo.

Secara dimensi, Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, serta wheelbase 2.525 mm. Mobil ini dibekali mesin 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo yang mampu menghasilkan tenaga 96 tk dan torsi 140 Nm.

Menariknya, Daihatsu Indonesia kini sudah bisa memproduksi salah satu komponen mesin KR Turbo yang digunakan Rocky dan Raize, yakni crankshaft. Bahkan pada awal tahun ini komponen dimaksud sudah diekspor ke Jepang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/17/143100115/daihatsu-rocky-sudah-uji-jalan-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke