Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Dekat-dekat dengan Truk Walaupun Sedang Berhenti

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkendara di jalan raya tentunya akan bertemu dengan kendaraan lain, misalnya seperti truk maupun bus. Dari berbagai kendaraan lain, berkendara dekat truk dan bus harus hati-hati.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, truk atau mobil besar lainnya memiliki titik buta atau blind spot yang besar di bagian depan dan samping sekalipun sudah dibantu kaca spion.

“Truk memiliki bidang dan dimensi yang besar dan panjang, sehingga membutuhkan ruang yang besar dalam bermanuver, belok dan mundur,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Sony menambahkan, untuk mengetahui berapa jarak yang aman dengan truk, bisa dilihat dari tinggi dan panjang sumbu roda truk tersebut. Semakin tinggi atau panjang truk, maka semakin berbahaya kita berada di dekatnya.

“Kendaraan besar ini sering dimanfaatkan oleh pemotor untuk ngadem, terhindar dari sinar matahari ketika sedang berhenti di lampu merah atau macet. Padahal ini sangat berbahaya,” ucap Sony.

Ketika berada di dekat truk, perlu dibayangkan bahaya seandainya kendaraan tersebut patah as roda, ban pecah, atau bodinya terhempas angin, akibatnya akan rubuh ke samping. Risiko berada di dekat kendaraan besar adalah fatalitas atau kematian.

Selain itu, ada juga bahaya truk mengalami rem blong karena beban yang berlebihan. Saat di jalan rata atau menurun, lebih aman berada di belakang truk. Sedangkan saat tanjakan, lebih aman berada di depannya.

“Kalau kita terjebak, segera menjauh atau bersiap-siap melakukan tindakan antisipasi untuk menghindar,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/12/193100715/jangan-dekat-dekat-dengan-truk-walaupun-sedang-berhenti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke